Modal Tepat Untuk Wiraswasta

Diposting oleh Unknown on Sep 20, 2010


Kiat dan tips menjadi wiraswasta sejati

Hobi Menjadi Bisnis

Jika kita memiliki hobi seperti design / desain baik itu desain rumah, desain grafis atau jenis desain lainya kita bisa membuat hobi tersebut menjadi sebuah bisnis seperti contohnya membangun usaha konsultan arsitek desain rumah, web design, ahli desain grafis dan sebagainya, jika Anda menyukai atau sangat menggilai dunia internet Anda dapat membangun toko online yang berisi jual beli barang – barang yang sangat berguna bagi pembeli.

Kenali Karakter Anda

Kenali karakter dari diri Anda apakah Anda seorang yang tekun dan sabar dalam menjalin proses. Karena jika Anda tidak memiliki karakter seperti ini maka sulit sekali bagi Anda jika ingin memulai usaha atau bisnis. Di dalam berwiraswasta jika kita tidak sabar dalam menjalanin proses dalam mendirikan usaha jiwa dan mental kita akan sulit terbentuk karena di dalam proses tersebut Anda akan menemui hal – hal yang tidak enak ketimbang hal – hal yang enak. Jadi kenali karakter Anda.

Kuatkan Mental

Mental yang di butuhkan oleh seorang wiraswasta adalah mental baja, karena jika tidak mempunyai mental baja kita tidak akan bisa bertahan di dalam proses mendirikan usaha. Jika Anda belum memiliki mental tersebut sebaiknya Anda harus mulai melatih yaitu dengan cara mengikuti seminar dan workshop yang berhubungan dengan wiraswasta.

Memilih Jenis Usaha

Dari seratus jenis usaha atau bisnis yang ada sebaiknya pilihlah yang paling anda sukai karena akan terasa menyenangkan jika ditekuni sehari-hari, jika Anda sudah tidak bisa menekunin dan menikmati usaha Anda secara tidak langsung mental dan rasa memiliki usaha tersebut tidak akan tercipta.

Pasar

Pelajari pasar yang sudah Anda pilih atau targetkan karena dengan mempelajari pasar Anda akan mampu melihat, menyusun dan membuat strategi marketing dari usaha yang Anda bangun, cth konsultan arsitek jika Anda ingin membangun jasa tersebut Anda harus pintar melihat pasar apa yang akan Anda tuju apakah kaum menengah keatas, mengenah atau menengah kebawah.

Lokasi

Pilihlah lokasi atau tempat usaha yang strategis yaitu tempat usaha yang memiliki akses mudah seperti transportasi, fasilitas keamanan (untuk menjaga usaha Anda dari kemalingan atau kerampokan)

Evaluasi

Selalu melakukan evaluasi di akhir bulan atau di akhir tahun baik itu dari target dan apa yang belum di capai oleh usaha yang Anda dirikan. Semoga berguna dan bermanfaat. Erick

{ 0 komentar ... read them below or add one }