Langkah Sederhana Memilih Rumah Sakit

Diposting oleh pulat on Sep 22, 2010




Pertumbuhan rumah sakit di Indonesia saat ini bisa dikatakan berkembang pesat. Setelah banyak orang mengeluhkan pelayanan rumah sakit murah numun terlalu bertele-tele, kini muncul berbagai rumah sakit swasta dengan misi mengedepankan pelayanan. Berbagai upaya pun mereka tempuh.

Berikut beberapa tip yang bisa Anda jadikan acuan saat akan menggunakan jasa layanan rumah sakit murah maupun yang mahal.

Mencari Info
Agar Anda tidak salah pilih rumah sakit baik itu rumah sakit murah maupun yang mahal, hal pertama sudah pasti harus Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai rumah sakit yang akan Anda tuju. Informasi bisa Anda peroleh dari mana saja. Seperti dari informasi tetangga, browsing di internet, dengan menanyakan pada orang yang pernah menggunakan jasa rumah sakit tersebut, atau dengan bertanya langsung kepada beberapa pasiennya.  Cari tahu juga apakah susternya cuek sementara pasien merengek-rengek seperti yang diceritakan Iwan Fals dalam lagunya (yang ini sangat tidak direkomendasikan).

Lima Besar Layanan
Walaupun bukan syarat yang mutlak dalam layanan rumah sakit murah maupun mahal, setidaknya hal ini bisa menggambarkan kemampuan tempat tersebut untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan. Kalau untuk jenis layanan yang dasar saja sudah tidak tersedia, apakah Anda akan yakin dengan mutu rumah sakit tersebut? Rumah sakit yang baik setidaknya telah memiliki jenis layanan minimal “lima besar”. Di antaranya layanan penyakit dalam, layanan anak, bedah, kebidanan, saraf, mata, THT, kulit dan gigi.

Memiliki Akreditas
Bukan hanya sekolah atau kampus saja yang harus terakreditasi. Dalam rangka meningkatkan pelayanan rumah sakit kepada pasiennya, Departemen Kesehatan telah membentuk Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Adapun hal-hal yang disurvei meliputi 16 layanan. Antara lain: 1)Administrasi & Manajemen, 2)Media, 3)Gawat darurat, 4)Rekam Media, 5)Keperawatan, 6)Radiologi, 7)Laboratorium, 8)Kamar operasi, 9)Farmasi, 10)K3, 11)Pengendalian infeksi, 12)Perinatal Risiko, 13)Rehabilitasi medis, 14)Gizi, 15)Intensif, 16)Darah. Dalam melakukan survei,

Komunikasi Paramedis dan Pasien
Sudah menjadi hak Anda sebagai pasien jika menginginkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada Anda. Oleh karena itu, saat Anda mencari informasi mengenai rumah sakit tersebut, jangan lupa untuk menanyakan juga apakah komunikasi antara dokter, suster, dan perawatnya cukup baik?

Prestasi
Ibarat seorang tentara, ia harus berperang untuk mendapatkan pengalaman serta mengetahui seluk-beluk peperangan. Sama juga dengan rumah sakit. Selama berdiri apakah yang menjadi prestasi membanggakan dari rumah sakit tersebut?

Pusat Informasi
Ini adalah bagian yang tak boleh terlupakan dari sebuah rumah sakit. Karena tak semua orang sangat memahami perihal dunia kesehatan maupun hal lainnya yang masih terkait. Peranan pusat informasi sangat membantu orang yang membutuhkan informasi baik yang menyangkut pelayanan medis maupun nonmedis.

Lingkunngan Mendukung
Rumah sakit adalah tempat yang paling nyaman bagi pasien untuk beristirahat dan terbebas dari gangguan yang berasal dari lingkungan sekitar.

sumber: okezone.com

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar ... read them below or add one }