Kencanggihan Teknologi Mobil untuk Mudik

Diposting oleh Unknown on Sep 7, 2010


Berbagai cara dilakukan para produsen mobil untuk mengurangi kecelakaan yang terjadi di jalan raya terutama di hari lebaran ini banyak yang mudik lebaran menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan di sewa mobil jakarta. Salah satunya, menambahkan peranti / alat canggih yang bisa memperingatkan dan membantu pengemudi mobil mengendalikan kendaraannya saat melaju bersama kendaraan lainnya dan menghadapi kondisi darurat. Sistem ini sangat bermanfaat bila tiba-tiba ada kendaraan di depan pindah jalur atau melambat. Lebih canggih jika sistem memperhitungkan kemungkinan akan terjadi tabrakan, rem ditekan lebih dalam, sabuk pengaman pun diaktifkan.

Pengingat Pengemudi & Deteksi "Blind Spot"
Alat ini menentukan kecepatan dan jarak kendaraan yang mendekat. Lantas memperingatkan pengemudi bahwa bahaya bisa saja terjadi bila pengemudi pindah jalur.
Sistem juga memperingatkan pengemudi bila kendaraan melaju tak karuan kayak orang mabuk karena pengemudi mengantuk. Peringatan dikeluarkan dalam bentuk getaran melalui jok, setir, dan alarm pada mobil pribadi atau mobil sewaan pada sewa mobil jakarta.

Bantuan Penglihatan Malam dan Lampu Depan Adaptif
Untuk membantu pengemudi melihat suatu obyek di malam hari saat mengemudi, mobil pribadi atau mobil sewaan dilengkapi dengan penglihatan lampu inframerah atau menggunakan kamera termal-bayangan yang disebut night vision assist. Alat ini digunakan untuk melihat obyek yang berada jauh di depan, misalnya binatang, orang atau pohon. Bisa bekerja sejauh 1 km untuk kondisi lurus.

Pencegah Terguling (Rollover Prevention)
Banyak produsen mobil sekarang ini menawarkan sistem kontrol stabilitas elektronik yang disebut electronic stability program (ESP) atau electronic stability control (ESC). Sistem dilengkapi dengan pengaman yang bekerja lebih awal, yaitu mengencangkan sabuk pengaman dan mengaktifkan roll-bar. Kehebatan teknologinya, bisa memperhitungkan kemungkinan mobil terbalik (misalnya ketika membelok dengan cepat). Pada kondisi seperti ini, rem diaktifkan, tekanan pada pedal gas dikurangi agar pengemudi lebih mudah mengontrol kendaraan pribadi atau mobil yang di sewa di sewa rental mobil. Sasak

{ 0 komentar ... read them below or add one }