Grup Band - Tips Membuat Lagu Yang Indah

Diposting oleh Unknown on Sep 28, 2010


saat ini banyak band baru yang bermunculan di televisi kebanyakan musik yang mereka sajikan biasa saja dan standart saja dan kebanyakan dari mereka meniru dari grup band yang terkenal dan ada beberapa aransmen musik yang mereka sajikan meniru band yang terkenal, sebenarnya mereka bisa menciptakan hasil karyanya tanpa menjiplak sedikit pun dari band yang terkenal, berikut ini ada beberapa tips membuat lagu yang baik:

  1. Jadi Kreatif jangan dulu dipusingkan dengan kemungkinan bisa sama dengan lagu lain.. Just do it.. setelah selesai.. baru direview.
  2. Coba dengarkan musik sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, kamu akan memiliki banyak referensi untuk modal membuat lagu sendiri
  3. Biarkan lagu itu menceritakan isi hatimu yang ingin kamu ceritakan ke orang/ke diri sendiri..(musik tuh harus punya nyawa).
  4. Cari tau sampai dimana tingkat musikalitas kamu…mencoba membuat lagu.. lalu mengkategorikannya ke dalam musik2 yang berada di sekitar kamu! apakah kamu berada dijalur mainstream atau indie.
  5. Jangan miskin tema. Kamu bisa ambil referensi dari band atau artis lain.
  6. Jangan selalu ngikutin band-band yang sudah besar. Komersil bukan berarti kamu harus ikut-ikutan band lain. Tapi untuk mulai dari band referensi juga gak apa-apa.
  7. Jangan selalu ngikutin lagu-lagu yang lagi ngehits.
  8. Kombinasi personil harus ada yang ditonjolkan. Misalnya kalo gitaris kamu jago, kamu tonjolkan sedikit kemampuan gitaris kamu.
  9. Kalo sudah punya musik yang unik, lirik jangan sampai lemah.
  10. Jangan berpikir tipikal. Contoh, kamu pikirin lagu yang disukai anak2 kuliah itu yang seperti apa yah? Yang disukai ibu-ibu rumah tangga kayak apa yah?
  11. Jangan membuat lagu yg terlalu idealis, yang cuma kamu doang yang ngerti, ngga mikirin orang lain.
  12. Jangan sekali-kali mengartikan lagu bagus itu sebagai lagu yang dipenuhi berbagai instrumen. Cuma dengan gitar pun lagu bisa terdengar bagus. Ingat, bagus bukan berarti rame. Bukan juga berarti juga kaya bunyi.
  13. Jangan takut mendengar kritikan orang pada lagu kamu. Kritikan itu justru bisa dijadikan modal untuk membuat lagu kamu menjadi bagus.
demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda sebelum membuat lagu, selamat mencoba.

sumber: simphonymusic.com

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Spoiler Piece said...

sumpahh keren banget sumpah..
masukannya mantap..

ajib gila, jadi kepikirin apa yang harus dilakuin selanjutnya..

Thax gan