Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa Air Conditioner (AC)

Diposting oleh Unknown on Sep 2, 2010


Rumah sejuk tanpa ac merupakan idaman bagi semua pemilik rumah namun sejuk secara alami atau sejuk dengan AC ? sejuk dengan AC hmm sepertinya dana yang di keluarkan lebih mahal ketimbang kita menggunakan kipas angin tapi ada beberapa alternatif yang mungkin digunakan untuk membuat rumah Anda sejuk tanpa AC dengan kata lain sejuk secara alami, berikut tipsnya :

Maksimalkan bukaan dan ventilasi. untuk menciptakan rumah yang nyaman, sejuk, sekaligus sehat, aliran sirkulasi udara yang baik menjadi syarat mutlak, jika Anda masih bingung untuk mengatur ventilasi rumah sebaiknya mintalah ide kepada jasa konsultan arsitektur yang Anda gunakan dalam pembangunan rumah Anda.


Minimalkan masuknya cahaya matahari siang. cahaya matahari siang bisa menjadi faktor yang mempengaruhi peningkatan suhu ruangan. caranya, lengkapi jendela dengan window shade yang akan membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk.


Jarak plafon dengan lantai cukup tinggi. Jarak plafon dengan lantai adalah 2,75m-4m. ketinggian plafon memberikan ruang yang cukup untuk perputaran dan pertukaran udara.
Gunakan material atap yang memantul panas, misalnya genting keramik. Dalam hal ini sebaiknya Anda meminta pendapat ahlinya seperti konsultan rumah, konsultan arsitektur, konsultan desain rumah atau konsultan interior rumah Anda.


Buat kolam atau taman di area dalam rumah (innercourt) yang membantu menurunkan suhu ruangan. Agar tidak membuat udara di dalam ruangan menjadi lembab, seimbangkan dengan cahaya matahari yang masuk. Harian Tribun Manado

{ 0 komentar ... read them below or add one }