Aturan Makan sebelum dan setelah olahraga

Diposting oleh pulat on Sep 16, 2010





Ada beberapa panduan penting yang sebaiknya Anda perhatikan saat berada di pusat kebugaran. Minum air putih sebelum melakukan latihan olahraga ternyata bukan solusi terbaik. Setelah latihan, Anda akan tetap mengalami dehidrasi lewat keringat.

Idealnya sebelum, selama dan setelah olahraga, konsumsi air putih sebanyak mungkin. Berikut ini beberapa tips agar olahraga Anda lebih efektif.

Makan sebelum dan setelah olahraga
Sebelum melakukan gerakan olahraga, tubuh memerlukan asupan karbohirdrat dan protein. Karbohidrat memberi energi selama latihan dan protein menjaga nutrisi untuk membentuk otot dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Satu jam sebelum latihan, dianjurkan makan menu ringan.

Pakaian yang Pas
Saat berada di pusat kebugaran, kenakan baju olahraga yang pas. Jangan gunakan yang terlalu ketat. Selama latihan, tubuh membutuhkan udara. Lengan dan kaki memerlukan ruang agar bebas bergerak tanpa risiko cidera akibat pakaian ketat. Jangan juga memakai baju olahraga terlalu longgar, karena akan merepotkan. Bisa jadi, baju olahraga Anda tersangkut di mesin saat melakukan latihan.

Berikut Tips memilih baju olahraga sesuai jenis olahraga
   
1. Untuk senam Aerobik, jalan kaki, jogging dan lari yang dinamis, kenakan baju olahraga yang mampu menyerap keringat dalam jumlah banyak sekaligus yang handal mengikuti gerakan tubuh. Disarankan memilih baju olah raga berbahan dasar katun

2. Bagi Yoga, tai-chi dan dan olah raga lain yang banyak melatih kelenturan tubuh dan jalur pernafasan, gunakan baju olahraga yang agak longgar namun tetap pas dibadan. Baju olah raga berbahan dasar Lycra sangat direkomendasikan karena lebih mampu mengikuti pose-pose rumit olah raga tipe ini

3. Untuk Tenis, gunakan rok, celana atau pun atasan yang sangat menyerap keringat dan usahakan pilih model baju olah raga yang tidak akan mengganggu gerakan anda dilapangan.

4. Olahraga Renang, Diving, Surfing ataupun Snorkeling, pilih bahan yang cukup tepal namun lentur dan nyaman dipakai.

5. Pecinta Hiking atau olah raga Aoutdorr lainnya, gunakan baju olahraga yang terbuat dari bahan yang mampu menghangatkan tubuh, cukup tebal, kuat dan nyaman dipakai.

6. Khusus untuk wanita, gunakan sport bra yang nyaman untuk dapat menyangga dada dengan baik selama berolah raga, sesuaikan jenis dan tipe sport bra dengan olah raga yang dilakukan.

Bernapas dengan benar
Jika dada terasa nyeri di pertengahan gerakan olahraga, sebaiknya perhatikan cara bernapas Anda. Mengelola pernapasan dengan baik membuat Anda bisa berlari, berjalan, jogging, atau mengangkat beban lebih lama.

Olahraga di waktu ideal
Masing-masing orang memiliki olahraga favorit sendiri-sendiri. Olahraga yang dilakukan secara rutin pada jam ideal tubuh akan meningkatkan energi Anda. Sebaliknya, olahraga yang dilakukan pada waktu yang salah akan merusak tubuh dan memberi energi negatif. Olahraga di awal malam hari misalnya akan membebani tubuh.


sumber: kosmo.vivanews.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar ... read them below or add one }