Alunan Musik Redam Hipertensi???

Diposting oleh pulat on Sep 30, 2010




Alunan Musik. Rangkaian bunyi-bunyian indah itu ternyata memiliki pengaruh luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bahkan musik dapat menjadi terapi mujarab bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Menurut hasil penelitian yang didiskusikan para pakar kesehatan di New Orleans baru-baru ini, terapi musik selama 30 menit sehari terbukti mampu menggantikan terapi obat-obatan hipertensi.

Riset dilakukan terhadap 48 penderita hipertensi berusia 45-70 tahun. Sebanyak 28 orang di antaranya diminta menjalani terapi musik dengan mendengarkan musik klasik atau musik tradisional India selama 30 menit sehari. Sedangkan 20 orang lainnya dibiarkan melakukan aktivitasnya seperti biasa.

Dari Riset tersebut, diketahui setelah melakukan terapi musik selama sebulan, tekanan darah 28 penderita hipertensi itu menjadi normal. Sedangkan tekanan darah 20 penderita hipertensi yang tak melakukan terapi musik masih terukur tinggi.

Dalam Terapi musik diketahui bahwa Rangsangan musik ternyata mampu mengaktivasi sistem Limbik yang berhubungan emosi. Saat sistem Limbik teraktivasi otak menjadi rileks. Kondisi inilah yang memicu tekanan darah menurun.

Dalam Terapi musik, Alunan musik juga dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi molekul nitric oxide (NO). Molekul ini bekerja pada tonus pembuluh darah yang dapat mengurangi tekanan darah.

Cara Menjalini Terapi Musik :

Cobalah Untuk Mendengarkan musik 20-30 menit setiap hari

Usahakan dalam keadaan duduk atau berbaring sambil memejamkan mata.

Dalam mendengarkan musik aturlah nafas serileks mungkin.

Gunakan headphones agar tak terganggu suara lingkungan sekitar

Dengarkan jenis musik yang bersifat rileks dengan tempo sekitar 60 ketukan per menit seperti musik klasik karya Mozart

sumber : vivanews.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar ... read them below or add one }