Tips & Persiapan Mudik dengan Mobil

Diposting oleh Wikey on Aug 27, 2010



Lebaran tidak sampai sebulan lagi. Kalau Anda punya niat "Back to Kampong" untuk silaturahmi sama keluarga dengan menggunakan mobil sendiri atau rental Mobil Jakarta, persiapkanlah dari sekarang. Karena, seperti dibilang seorang service advisor BeRes (bengkel resmi) Nissan TB Simatupang, Jakarta Selatan, bila terjadi sesuatu atau ada yang kurang nyaman bisa balik lagi.

Jadi, cepat bawa ke bengkel resmi untuk melakukan servis ringan. Jika Anda punya bengkel pilihan - tapi cukup baik dengan tenaga berpengalaman - mungkin ada baiknya, Anda mengetahui bagian yang perlu di servis pada mobil.

Inilah bagian-bagian dari kendaraan tersebut

- Ganti : oli mesin dan filter, oli transmisi, oli gardan (kalau berpenggerak roda belakang), busi, saringan udara, tali kipas (van belt) kalau kondisi sudah kurang bagus (ada tanda retak-retak).

- Periksa : Aki, kondisi air. Bila usia pakai sudah lebih dua tahun sebaiknya ganti baru. Kemudian minyak rem dan kondisi rem.Juga air radiator, sebaiknya dikuras dan sekalian cermati ada kebocoran atau tidak. Jika ada, segera diperbaiki atau ganti baru.

- Spooring dan balancing : Sangat erat kaitannya dengan keselamatan dalam berkendara. Menghemat keausan kembang ban dan konsumsi bensin.

- Pastikan seluruh lampu-lampu berfungsi. Kalau ada melewati daerah berkabut, disarankan pakai lampu kabut. Pastikan saklar-saklar berfungsi dengan baik.

- AC : jika ruang kabin sudah tidak terasa dingin, segera bawa ke bengkel khusus. Bisa hanya tambah freon atau cek jalur-jalur dari kebocoran.

- Karet wiper : kalau sudah keras atau retak-retak sebaiknya diganti. Kemudian, pastikan semprotan air bekerja sempurna, baik yang depan maupun belakang (kalau ada). (Rudy Ghupta)

Sumber:kompas.com

Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

{ 0 komentar ... read them below or add one }