Mengenal Jenis Mesin Jahit Industri Garmen

Diposting oleh Wikey on Jul 13, 2010




Sebelum Anda ke toko yang men Jual Mesin Jahit, sebaiknya anda mengetahui jenis dan tipe mesin jahit terlebih dahulu

1. Mesin Jahit jarum 1 ( single needle )

Mesin jahit jarum satu merupakan mesin jahit pokok yang harus dipunyai dalam dunia garment. Adapun teknologi baru yang dikembangkan pada mesin ini adalah :

- otomatis potong benang.( Automatic Thread trimmer )

Mesin single needle yang berfasilitaskan otomatis potong benang merupakan trend mesin yang dibutuhkan dunia garment saat ini. Dimana system ini menghilangkan tenaga tambahan yang dikeluarkan opearator untuk memutus benang setelah dijahit. Jadi sehabis bahan dijahit maka secara otomatis benang akan putus dan bahan bisa langsung diambil dilanjutkan dengan proses jahit yang lain.

- Control panel

Control panel digunakan untuk memprogram suatu jahitan yang berada pada mesin tersebut. Control panel ini menempel diatas body mesin. Contoh program yang bisa diatur dengan control panel adalah jahitan label, otomatis jahitan kunci, menjahit terus menerus dll.

- Direct drive

Teknologi ini memakai motor berkekuatan tinggi yang ditanam didalam body mesin. Pada mesin ini sudah tidak ditemui lagi dynamo yang berukuran relative lebih besar ada bawah meja mesin jahit itu sendiri. Dengan direct drive maka getaran yang dihasilkan sangat kecil sehingga tingkat keakuratan jahitan lebih bagus.

- Dry Head

Mesin ini didesain tanpa ada minyak sama sekali atau dengan sedikit minyak yang ditampung dalam botol kecil. teknologi ini dikembangkan berdasarkan kendala yang terjadi di lapangan, dengan seringnya bahan itu kotor karena terkena minyak mesin.

2. Mesin jahit jarum 2 ( double needle )

Macam – macam tipe jarum dua :

a. Jarum dua standart
b. Jarum dua split

Mesin ini memungkinkan untuk mengatur salah satu jarum utuk jahit / tidak. Contoh proses pada saku

c. Jarum dua rantai

Mesin ini sama dengan mesin jarum dua standart tapi jahitan bawah yang dihasilkan adalah jahitan rantai.

3. Mesin obras ( overlock )

Dimana mesin ini untuk jahit pengaman bahan. Mesin ada 4 tipe : obras benang 3, obras benang 4, obras benang 5, obras benang 6. setiap mesin mempunyai fungsi masing masing dilihat dari proses yang dijahit.

5. Mesin Pasang kancing

Ada 2 tipe mesin pasang kancing :

- pasang kancing chainstitch

model mesin lama yang masih sangat manual. Hasil jahitannya adalah jahitan rantai yang bila satu jahitan itu lepas maka akan sangat mudah kancing itu lepas dari jahitan.

- pasang kancing lockstitch

model mesin terbaru yang sekarang ini menjadi trend di dunia buyer fashion dunia. Dengan jahitan lockstitch maka kualitas jahitan akan lebih tahan lama, anti copot. Model pasang kancing lockstitch pertama keluar langsung berbasic otomatis program computer.

6. Mesin Lubang Kancing

Mesin lubang kancing merupakan salah satu mesin special di sector produksi garment. Teknologi mesin lubang kancing JUKI adalah :

- Computer controlled

- Bastingstitch system

Jahitan kerangka yang bisa mempertahankan bentuk lubang kancing selalu konstan.

- Active tension

- option long presser foot ( 120 mm )

dengan presser foot 120mm maka memungkinkan untuk diprogram sekali jalan 2 lubang kancing dihasilkan. - Lubang kancing eyeled ( mata ayam ) untuk produksi jeans, jas, dll

7. Mesin zig zag

Mesin jahit yang menghasilkan jahitan zigzag.

- zigzag 2 step

- zigzag 3 step

Silahkan lihat disini: Jual Mesin Jahit

batikyogya.wordpress.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }