Kiat Sewa Rumah

Diposting oleh Unknown on Jul 1, 2010


1. Dapatkan perjanjian sewa rumah tertulis yang mencantumkan syarat dan ketentuan. Jangan pernah membayar dengan cara ditransfer atau dengan cek pribadi. Disarankan saat melakukan transaksi Anda gunakan saja kartu kredit, sebab beberapa perusahaan kartu kredit sering menawarkan beberapa perlindungan.

2. Cari tahu apakah Anda mendapatkan deposit keamanan. Jika ada, tanyakan juga apa saja yang mereka cakupi.

3. Mintalah pendapat keluarga atau teman untuk rekomendasi
sewa rumah, jika Anda memutuskan menyewa rumah atau kondominium miliki orang asing. Mintalah juga referensi dari orang lain yang pernah tinggal di sana (biasanya di iklan online, suka ada pendapat dari orang yang pernah menyewa).

4. Jika pemilih rumah yang Anda sewa rumah jauh dari daerah tersebut cari tahulah apakah ada pengurus lokal yang dapat menangani masalah-masalah seperti sekering listrik yang rusak, atau saluran air yang tersendat. Cari tahu juga siapa yang harus Anda kontak pertama kali ketika dalam keadaan darurat.

5. Pastikan ada cukup panci, peralatan masak, dan meja makan yang cukup luas. Hal ini perlu menjadi perhatian, terutama jika jumlah penyewa yang cukup banyak. Menanyakan tentang hal-hal penting seperti pembuat kopi, talenan dan pisau merupakan saran yang cukup baik sebelum memutuskan untuk menyewa rumah.

6. Tanyakan juga kepada pihak sewa rumah hal-hal penting lain seperti, objek wisata apa yang terdekat, seberapa jauh rumah dari pusat kota, pom bensin dan pasar tradisional.

7. Sangat dimungkinkan, sebelum memutuskan untuk menyewa, Anda kunjungi langsung rumahnya. Biasanya apa yang tampak di gambar sering jauh berbeda dengan aslinya.(*/OL-5, media indonesia)

{ 0 komentar ... read them below or add one }