5 Tips Hemat Belanja

Diposting oleh Unknown on Jul 26, 2010


Menginventarisir Kebutuhan

Seringkali pengeluaran kantor membengkan akibat pembelian alat kantor yang tidak teranggarkan. Dengan menginventarisir semua kebutuhan peralatan untuk bulan berikutnya, manager keuangan dapat memilah antara kebutuhan utama yang wajib dibeli, dan kebutuhan lain yang bisa dibeli pada bulan selanjutnya.


Membeli secara Berkala

Jika pembelian peralatan kantor yang teranggarkan mengalami kelebihan dana, jangan 'serampangan' membelanjakannya untuk kebutuhan lain. Biarkan kelebihan tersebut masuk dalam perhitungan anggaran bulan berikutnya. Dengan cara ini, perusahaan MDers bisa lebih disiplin menggunakan keuangannya.


Survei Harga

Peralatan kantor dapat dibeli di mana saja, tetapi hanya beberapa toko yang menjual dengan harga murah. Terlebih jika MDers membeli banyak kebutuhan sekaligus, toko biasanya memberikan potongan tambahan. Jadi, perusahaan MDers bisa meraup dua keuntungan dalam hal ini.


Membeli Online

Beberapa perusahaan alat kantor / stationery besar sudah memiliki website yang baik. Dengan begitu, MDers bisa membeli peralatan kantor secara online tanpa harus mengeluarkan biaya survei hingga pengiriman barang.


Pinjaman 'Halus'

Dengan alasan urgensi, beberapa karyawan bisa saja meminta bagian administrasi untuk membeli peralatan kantor saat itu juga. Karyawan tersebut bahkan berjanji mengganti uang tersebut di bulan selanjutnya. Jika MDers berada di posisi ini, jangan sampai permintaan tersebut jadi tekanan. Segera bicarakan dengan atasan, dan biarkan atasan yang memutuskan. Terlepas dari kebijakan atasan, pengeluaran yang tidak sesuai dengan anggaran sudah sering membuat keuangan menjadi semrawut.


Nah, selamat berhemat, Mders!

{ 0 komentar ... read them below or add one }