Tips Mencari Kerja Di Internet Lebih Praktis dan Efektif

Diposting oleh pulat on Jun 18, 2010





Surat kabar adalah media yang biasa dipakai untuk mencari informasi kerja di Indonesia. Memang di sana banyak sekali lowongan yang ditawarkan, dan untuk melakukan lamaran pencari kerja harus mengirimkan lamaran beserta curiculum vitae lewat pos, untuk kemudian menunggu panggilan wawancara, jika mereka dianggap memenuhi syarat untuk diwawancarai. Sialnya mencari lowongan kerja di surat kabar kita akan berhadapan dengan konsekuensi persaingan yang cukup ketat antar pelamar.

Bagi pelamar kerja yang menginginkan persaingan yang rendah tapi bermutu, maka bersaing memperoleh pekerjaan melalui berbagai situs Internet menjadi salah satu alternatif yang menarik. Mengapa demikian, Internet secara alamiah akan melakukan seleksi alam terhadap penggunanya. Hanya segelintir pengguna Internet di Indonesia & kualitasnya rata-rata di atas kebanyakan orang Indonesia.

Jangan kaget ternyata cukup banyak situs-situs yang menyajikan informasi kerja di internet, baik situs yang memang mekhususkan diri sebagai situs lowongan kerja, atau situs-situs perusahaan yang juga menyajikan lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan mereka. Bahkan situs berita seperti kompas.com juga mempunyai halaman yang berisi lowongan pekerjaan. Situs iklan biasanya juga menyajikan informasi lowongan pekerjaan.

Dari beberapa pertanyaan yang diajukan, ternyata banyak juga orang yang pernah membuka situs informasi kerja di internet, bahkan suatu artikel di harian bisnis di Indonesia menyatakan bahwa situs lowongan pekerjaan adalah situs yang paling sering dikunjungi oleh peminat itnernet di Indonesia. Tetapi banyak yang menyatakan bahwa mereka tidak pernah memperoleh response atau panggilan untuk wawancara setelah mereka mengirimkan lamaran berdasarkan informasi kerja. Hal tersebut sebenarnya ada beberapa kemungkinan , mungkin mereka mengirimkan lamaran ke lowongan pekerjaan yang sudah kadaluwarsa, sehingga lowongan tersebut sudah terisi, atau mungkin juga kualifikasi pelamar tidak memenuhi persyaratan perusahaan.

Mencari pekerjaan sebenarnya juga ada trik atau seninya, bayangkan saja pekerjaan yang ada dibandingkan dengan pelamar perbandingannya sangat jauh . Jika suatu perusahaan mencari 10 orang pekerja, kemungkinan besar yang melamar adalah 10 kali lipatnya. Dan berbicara terus terang, dari 100 pelamar tersebut setelah diseleksi berdasarkan surat lamaran yang masuk ( belum seleksi test atau wawancara ) mungkin hanya 20 % saja yang memenuhi persyaratan untuk diwawancarai. Setelah wawancara , mungkin hanya 5 % saja yang dianggap memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut.

Biasanya pihak perusahaan akan mempelajari terlebih dahulu lamaran yang masuk beserta resume yang dikirimkan . Jadi surat lamaran dan resume sebenarnya sangat penting , jika pelamar dapat membuat suatu surat lamaran dan resume yang baik, dapat memberikan nilai tambah , yang tentu saja kemampuan dari pelamar itu sendiri juga harus mampu menjual.

Kegiatan melamar pekerjaan sebenarnya harus dianggap sebagai suatu proyek atau pekerjaan yang cukup serius, pelamar harus mampu bersaing dengan sekian banyak orang yang juga menginginkan pekerjaan tersebut. Jadi sebelum melamar pekerjaan perlu juga mempelajari bagaimana cara membuat resume yang baik dan meyakinkan.




http://www.jagoaninternet.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar ... read them below or add one }