Tips Memilih Multimedia Film dan Audio Untuk Home Theater

Diposting oleh Wikey on Jun 25, 2010



Untuk anda penikmat video atau film, sudah saatnya anda memanjakan diri dengan perangkat home theater. Saya tidak akan membahas home theater yang sifatnya paket atau istilahnya HITB (Home Theater In the BOX).

Apa yang dibutuhkan untuk membuat home theater?

Media Display (Televisi/TV)

Saat ini semakin banyak orang yang sudah memandang TV bukan sebagai TV biasa untuk nonton sinetron, berita, gossip dll. Sudah bosan…saatnya menjadi home theater…sebuah media hiburan. Sebenarnya media display tidak hanya TV; masih ada proyektor.

Permasalahannya TV seperti apa yang baik untuk home theater? Pilihannya ada 3 – Anda bisa memilih teknologi berbasis CRT atau tabung, LCD (Liquid Crystal Display) atau Plasma. Multimedia Film ini punya keunggulan dan kekurangan. Saya sendiri memilih LCD TV.

Media Pengolah Audio Video (AV Receiver)

Pengolah suara atau Multimedia Audio merupakan unsur penentu sebuah home theater. Saran saya lebih baik mengeluarkan dana terbesar pada komponen ini. Karena kualitas suara sebuah film, pertunjukan musik atau game ditentukan oleh AV Receiver. Standard minimal sebuah home theater adalah 5 buah komponen atau jalur suara. (1) untuk speaker center (2) untuk depan kiri dan kanan atau speaker front (2) lagi untuk surround. Akan lebih baik kalau ada tambahan (1) sub woofer untuk suara bass. Standard minimal ini disebut juga dengan 5.1. Perkembangan teknologi memungkinkan AV Receiver memiliki kanal yang lebih besar seperti 6.1, 7.1, 9.1 bahkan 10.1.

Media Pengolah Suara (speaker)

Ada 2 tipe speaker yang baik untuk home theater. Speaker tipe floor standing atau bookshelf. Bedanya ada jumlah speaker dan rangkaian di dalamnya. Istilah kerennya 2way atau 3way.

Subwoofer adalah speaker khusus untuk mereproduksi frekuensi rendah yang ada pada sebuah film atau musik. Ada beberapa tipe yang bisa dipilih untuk subwoofer ini. Sebut saja down firing, front firing, dll.

Sumber Pengolah (source component)

Paling tidak anda harus memiliki pemutar DVD (player). Yang harus jeli sebelum memilih DVD adalah kemampuannya untuk menyajikan progressive scan dan upscaling; hal ini sangat penting untuk melihat film DVD, terlebih kalau anda menonton dengan HDTV.

Beberapa media lain yang juga harus dimiliki antara lain Blu-ray Player, PlayStation3, DVD Recorder, CD Player, iPod dan Digital Sattelite System

Kabel

Pada awalnya saya tidak percaya kabel merupakan komponen penting dalam peranan penting juga. Kunci utama dalam perkabelan adalah pemilihan kabel yang tepat, panjang kabel yang pas dan semua tersambung dengan sempurna.cable-speaker home theater.

Saat ini kabel HDMI untuk menghubungkan TV dengan AV-Receiver merupakan pilihan terbaik. Untuk olah suara Kabel Optical tidak diragukan lagi kualitasnya (digital)

Interior

Interior wajib diperhatikan untuk memberikan kenyamanan. Tata letak dan posisi dengar yang baik akan membuat kita semakin betah dengan sistem home theater yang kita bangun

Selamat ber-home theater…

elfri.wordpress.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

{ 0 komentar ... read them below or add one }