Teliti Saat Pasang Script Iklan di Blog Anda!

Diposting oleh Wikey on Jun 15, 2010



Seperti yang pernah saya sampaikan di artikel sebelumnya, bahwa sebuah kode script, misalnya Javascript, bisa mempengaruhi performance sebuah blog. Selain itu, sebuah script juga bisa mempengaruhi reputasi kita di mata search engine (aspek SEO), dan juga di mata pengunjung.

Sebuah hal yang cukup membahayakan reputasi blog kita adalah apabila di dalam blog kita ternyata terpasang sebuah script yang dinilai sebagai sebuah script yang berbahaya, misalnya oleh search engine seperti Google. Sebaiknya Pasang Iklan yang benar-benar aman.

Bila Google mendeteksi adanya script atau komponen berbahaya/malware di sebuah situs/blog, maka Google akan mengalihkan alamat situs/blog kita ke sebuah halaman peringatan. Kalau sudah seperti itu, tentunya sangat merugikan kita sebagai pemilik blog. Blog kita dinilai rendah oleh search engine, dan juga pengunjung blog juga jadi khawatir untuk mengunjunginya. Gawat kan?

Ini yang baru saja saya alami ketika mengunjungi sebuah blog (tidak perlu saya sebutkan alamat blognya). Ketika membuka blog tersebut, ternyata malah muncul peringatan dari Google, bahwa blog itu mengandung komponen berbahaya, yang disebutkan bahwa script berbahaya itu berasal dari pihak ketiga (di luar blog tersebut), dalam hal ini sebuah komponen yang berasal dari sebuah situs pasang iklan/advertising.

Oleh sebab itu, sebelum kita memasang script iklan untuk monetize blog dengan harapan kita bisa kebanjiran duit. (sebenarnya bukan hanya script iklan, tapi semua script dari situs luar) ada baiknya kita mengecek dulu keamanan situs penyedia script tersebut. Terus, bagaimana cara mengeceknya?

Cara Cek Keamanan Situs/Website/Link/URL Berbahaya

Ada beberapa cara, di antaranya adalah:

* Mengecek dengan mesin pencari Google.

Caranya, silahkan masukkan alamat situs tersebut di kotak isian mesin pencari Google. Bila sebuah situs terdeteksi sebagai situs yang berbahaya, biasanya Google akan menampilkan peringatan di bawah link situs hasil pencarian yang bertuliskan “This site may harm your computer“.

* Gunakan beberapa browser untuk mengecek sebuah alamat situs.

Misalnya selain browser Firefox, coba buka alamat sebuah situs dengan Google Chrome. Karena pada beberapa kasus, sebuah situs dinyatakan aman oleh browser tertentu tapi dinyatakan berbahaya oleh browser lainnya.

.

* Gunakan software antivirus yang memiliki fitur pengecekan alamat situs.

Misalnya antivirus AVG yang memiliki fitur Link Scanner, McAfee SiteAdvisor, atau software internet security lainnya.

.

* Mengecek langsung isi kode script dari situs luar.

Cara ini tentunya buat yang mengerti bahasa pengkodean.

.

Tapi jangan lupa, sekali-sekali cek juga situs/blog kita sendiri, jangan-jangan situs kita malah dideteksi sebagai situs berbahaya. Wah, jangan sampe deh, mau ditaro dimana nih muka? :mrgreen:

O iya, kalau di blog kita terdapat link ke sebuah situs luar, ada baiknya kita secara berkala mengeceknya juga. Bikin repot sih… tapi nggak ada salahnya dilakukan, untuk menjaga reputasi di mata search engine dan juga pengunjung. Jangan sampe situs/blog kita dianggap suka mengarahkan ke situs berbahaya.

sumber: inimu.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis - Indonesia

{ 0 komentar ... read them below or add one }