Mengenal Peralatan Service HP (bag 2)

Diposting oleh Wike Furyandi on Jun 15, 2010





Berikut Tips Kursus HP: Peralatan dan Perlengkapan Perbaikan Ponsel

Timah
Timah digunakan untuk merekatkan atau menghubungkan komponen – komponen baik pada PCB ataupun diluar PCB.Timah yang digunakan pada perbaikan ponsel biasanya memiliki diameter yang lebih kecil yaitu 0,5mm.

Timah cair
Timah cair digunakan untuk membuat bola – bola timah pada IC BGA yang biasa disebut cetak kaki IC.

Penjepit PCB ( Print Circuit Board )
Penjepit PCB digunakan untuk menjepit PCB ponsel agar tidak bergeser sewaktu proses perbaikan.

Siongka cair
Siongka cair digunakan untuk memanaskan, mengangkat dan memasang komponen pada PCB. Penggunaan songka cair ini akan mempercepat cairnya timah dan meredam panas sewaktu pemanasan komponen.

Sikat pembersih
Sikat pembersih digunakan untuk membersihkan kotoran atau karat yang menempel pada PCB ponsel. Biasanya menggunakan cairan IPA atau Thinner dalam proses pembersihan pada PCB ponsel.

Kaca pembesar + lampu
Kaca pembesar digunakan untuk memperbesar Obyek sehingga dapat terlihat lebih besar dan jelas sedangkan lampunya digunakan sebagai penerang.

Multitester
Multitester digunakan sebagai alat ukur yang dapat mengukur tahanan resistansi, tegangan dan kuat arus. Multitester biasa disebut juga dengan avo meter. Fungsi lain dari multitester yaitu dapat digunakan untuk mengetahui kondisi sebuah komponen telah rusak atau tidak, memeriksa jalur PCB terputus atau tidak, mengetahui kutub positif dan negatif pada komponen seperti pada elco dan diode,serta dapat digunakan untuk membaca kaki resistor dan komponen lain pada ponsel.
Multitester yang digunakan manual dan digital,u ntuk multitester digital biasanya digunakan untuk pengukuran yang micro dan mendetail.

Box pencuci
Box pencuci digunakan untuk mencuci PCB ponsel dari air atau karat pada bagian bawah komponen.

Cairan IPA dan Thinner
Cairan ini digunakan untuk mencuci dan membersihkan PCB ponsel dari kotoran dan karat.

Solder
Solder digunakan sebagai alat mematri kaki komponen pada PCB atau pada sasis.Untuk keperluan elektronika terutama pada ponsel sebaiknya digunakan solder listrik yang dayanya 20-30 watt atau paling besar 40 watt agar tidak terlalu panas sebab beberapa komponen aktif seperti diode dan transistor tidak tahan panas

Rework station/solder uap/hot air
Karena komponen ponsel yang sangat kecil, dibutuhkan Solder uap sebagai alat pengangkat, pemasang dan pemanas komponen yang ada pada ponsel guna memperbaiki unsolder (proses pemanasan komponen agar kaki-kainya melekat dengan kuat kembali ke PCB) pada komponen-komponen mini tersebut.

Osiloskop
Osiloskop digunakan sebagai alat ukur yang dapat memberikan gambar berbentuk gelombang yang terdapat pada bagian yang diukur, biasanya untuk menentukan putus jalur atau fungsi tidaknya suatu komponen,

Frekwensi counter
Frekwensi counter digunakan sebagai alat ukur atau hitung frekwensi yang ada pada komponen terutama pada system clock pada ponsel

Dengan memiliki peralatan dan perlengkapan perbaikan hardware ini, proses perbaikan ponsel dan belajar Kursus HP akan dapat berlangsung dengan baik dan sempurna. Untuk memperoleh perlengkapan dan peralatan perbaikan hardware ini dapat saya beli di toko elektronik atau sentra-sentra penjualan handphone dan sparepart. Bahkan ada beberapa toko yang menjual perlengkapan peralatan perbaikan hardware dalam satu paket pembelian dengan harga yang sangat murah jika saya membelinya satu-persatu.

Peralatan dan Perlengkapan Perbaikan Ponsel (bag 1)

richardyoka.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis - Indonesia

{ 0 komentar... read them below or add one }