Membeli Motor Murah

Diposting oleh Unknown on Jun 7, 2010




Berikut sharing informasi tips/trick mencari mobil/motor bekas. :

1. Persiapan berburu kendaraan.
Pastikan alasan dan tujuan membeli atau mencari motor. Apakah sekadar untuk keperluan kerja ke kantor, untuk gengsi atau untuk keperluan keluarga.

2. Persiapan budget.
Hal ini penting dalam mencari motor untuk mengetahui apakah pembelian dilakukan secara kredit melalui berbagai macam multi finance atau secara tunai.

3. Pemilihan jenis kendaraan.
Pilihlah kendaraan yang memang sesuai untuk peruntukannya anda membeli. Misal, kalau memang anda termasuk keluarga besar ada baiknya.

4. Persiapkan pengetahuan anda.
Tambah pengetahuan mengenai jenis mobil/cari motor yang telah anda pilih. Yang biasanya meliputi; jenis bahan baker yang dipakai, besarnya cc, biaya perawatan, layanan purna jual dari ATPM/bengkel resminya, ketersediaan part serta kelemahan2 yang terdapat pada tipe kendaraan bermotor tersebut. Lakukan visit terlebih dahulu kebeberapa penjual jenis kendaraan yang dipilih, ini penting utnuk mengetahui harga pasaran serta kondisi kendaraan tersebut di pasar kendaraan bermotor.

5. Saatnya Mencari
Ada beberapa tips saat ada mencari motor atau memilih kendaraan bermotor :a. Periksa alamat si penjual, biasanya anda sering menemukan alamat yang sama menjual beberapa merk kendaraan. Ini menandakan kalo sipenjual adalah makelar kendaraan.
b. Bawa teman / tehnisi yang dipercaya, berguna untuk meminta pendapat mengenai kondisi kendaraan yang akan anda beli.
c. Cek Surat Kendaraan, periksa dengan teliti kelengkapan surat2 kendaraan bermotor tersebut seperti, BPKB, STNK serta Faktur pembelian pertama dari dealer resminya (ini penting saat anad ingin balik nama). Cek kondisi kendaraan sesuai dengan surat2 nya, misal; warna kendaraan, No rangka dan mesin. Kemudian bawalah kendaaan bermotor beserta surat2 nya ke Kantor Sammsat terdekat untuk cek keasliannya.
d. Riwayat kendaraaan, tanyakan riwayat kendaraan pada si pemilik. Minta bukti2 bahwa si pemilik merawat kendaraan dengan baik, seperti; kwitasi service atau penggantian part. Untuk kendaraan yang cat ulang, tanyakan dimana dilakukan pengecatan. Hal ini untuk mengetahui kualitas pengecatan kendaraan.


Semoga tips ini berguna bagi anda yang ingin mencari / membeli motor baru dan bekas.


ngobrolaja.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }