Tips Cerdas Berolahraga yang Baik

Diposting oleh pulat on May 31, 2010




Betapa pentingnya hidup sehat dan teratur, oleh karena itu kita perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hidup sehat? salah satunya berolahraga. Di bawah ini tips berolahraga yang baik.

• mulailah sedikit demi sedikit.
Jalan kaki, berenang dan naik sepeda adalah olahraga menyenangkan bagi Anda yang ingin memulai berolahraga secara teratur. Atau olah raga dengan menggunakan alat-alat olah raga seperti leg press atau treadmill. Mulailah dengan porsi yang tidak terlalu banyak lalu sedikit demi sedikit tingkatkan porsinya sampai paling sedikit 3,5 jam seminggu.

• catat kemajuan anda.
Walaupun Anda jalan kaki, lari atau naik sepeda hanya pada beberapa menit pada minggu pertama, catatlah. Melalui catatan ini Anda bisa melihat berapa banyak kemajuan yang Anda capai.

• pilih waktu olahraga yang cocok.
“Saya tak punya waktu buat olahraga.” Itu alasan yang tidak bisa diterima, karena alasan yang sering dipakai untuk tak mau berolahraga. Padahal Anda punya waktu kalau Anda mau. Banyak alat olah raga yang bisa digunakan di dalam rumah. Tiga setengah jam setiap minggu bisa disediakan asal Anda pintar membagi waktu.

• ajak teman dan keluarga atau masuk klub olahraga
Kalau Anda malas berolahraga, orang lain dapat membantu. Dengan bantuan alat olah raga maupun Olahraga dengan teman-teman atau keluarga bisa menyenangkan selain membuat badan sehat.

• pilih olahraga yang anda sukai
Ini kunci penting agar Anda rajin berolahraga . Cobalah beberapa jenis olahraga dan  alat olah raga sampai Anda menemukan yang paling Anda sukai. Ada beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan dengan mudah , seperti jalan, yoga, taichi, dan berenang.

• variasi olahraga
Agar tidak bosan berolahraga, Anda bisa melakukan variasi olahraga. Misalnya: hari ini berolahraga golf, esok hari berolahraga tenis, hari berikutnya berenang atau diselingi dengan alat olah raga yang  mudah dipakai di dalam rumah

• sediakan peralatan olahraga d1 rumah
Bila Anda malas ke luar rumah untuk berolahraga , Anda bisa melakukannya di rumah dengan peralatan olahraga yang sederhana maupun yang mahal.

• memahami tiga komponen kebugaran
Ada tiga komponen kebugaran: kekuatan otot, stamina dan kelenturan. Kalau Anda ingin mengembangkan program exercise Anda, kombinasikan ketiga komponen tersebut.

• membangun kekuatan
Jaga kekuatan otot Anda dengan program exercise yang mengembangkan otot tubuh. Program ini dapat membuat pinggang dan pinggul lebih ramping tanpa banyak mengurangi berat badan. Dengan otot yang baik, penampilan Anda tampak lebih bagus, tubuh merasa lebih enak dan tak cepat lesu. Oregon Health Sciences University di Portland mengungkapkan, latihan otot yang teratur dapat menurunkan kadar kolesterol tanpa perlu diet. Latihan ini cuma membutuhkan waktu 15 sampai 30 menit tiga kali seminggu.

Salam sehat,



http://prabowo.aforumfree.com/

{ 0 komentar ... read them below or add one }