Peluang Usaha Dengan Kue Basah

Diposting oleh pulat on May 3, 2010



Siapa yang tak akan tertarik, memandang aneka kue basah yang dipajang dengan rapi di toko kue, atau yang diletakkan secara apik dalam tampah nampan berhias daun di acara jamuan. Deretan cantik kue basah juga sering tampil bak primadona di meja perjamuan pesta atau acara-acara istimewa. Kue basah memang mempunyai pesona tersendiri. Bisa jadi ini karena cita rasanya yang khas dan akrab di lidah. Paduan serasi antara gurihnya santan dengan manisnya legit gula, serta aroma daun pandan/suji yang unik sungguh tak dapat ditolak.
Kini sisi manis kue basah juga mulai merambah dunia usaha. Bagi mereka yang ingin mencoba terjun ke dunia usaha, bisnis kue basah bisa menjadi peluang yang menggoda. Bayangkan saja, dengan bahan-bahan yang sederhana, relatif murah dan mudah ditemukan dapat dihasilkan aneka kue yang cantik dan banyak diburu penggemar. Aneka beras, tepung dan umbi-umbian bisa disulap menjadi kue lumpur, klepon, cenil, kue dadar, serabi, apem atau lopis yang sedap dan legit.
Bagi sebagian orang, mungkin kendala yang dihadapi adalah cara membuat kue basah yang konon rumit, repot dan memerlukan sentuhan khusus sang ahli. Anggapan ini bisa jadi bermula dari tidak adanya resep dan standar ukuran baku yang bisa dijadikan pegangan. Pembuatan kue basah hanya mengandalkan perasaan dan kebiasaan si ahli kue. Kini, dengan resep yang rinci, standar ukuran yang pasti dan cara membuat yang jelas, risiko kegagalan bisa dikurangi. Perhatian ekstra mungkin diperlukan saat membuat dan mengembangkan adonan, namun dengan panduan resep yang tepat hal ini bisa diatasi.
Selain memasarkannya sendiri, ada banyak tempat yang bisa diajak bekerja sama dengan sistem konsinyasi (titip jual) baik berupa kios kue di pasar, warung-warung makan, toko kue, gerai-gerai di pusat keramaian atau bahkan cafe atau rumah makan. Patut juga dijajaki kemungkinan kerja sama dengan pengelola catering untuk memasok kue basah pada acara-acara istimewa atau pesta, atau pun menerima pesanan siap antar.
Selamat mencoba dan sukses untuk Anda!


http://www.sedapsedap.com

{ 1 komentar... read them below or add one }

kharista villas canggu said...

perlu diperhatikan strategi pemasaran dan jumlah produksi yang akan kita pasarkan jika baru memulai bisnis ini
semoga sukses