Makanan dan Masakan Indonesia, Disajikan ala Eropa

Diposting oleh Wike Furyandi on May 10, 2010



SIAPA sangka, menikmati nasi kuning atau orek tempe bisa dilakukan di restaurant mewah, dengan konsep jamuan ala Eropa, serta pelayanan nomor satu. Apalagi, semua disajikan dengan mempertahankan cita rasa aslinya.

Dulu, menikmati Makanan tradisional seperti nasi kuning, oseng-oseng toge, ataupun sayur asem mungkin hanya bisa dilakukan di rumah sendiri atau di warung pinggir jalan. Khusus yang terakhir, kondisinya jelas tidak nyaman. Kebersihannya juga diragukan.

Nah, pengusaha restaurant rupanya jeli juga akan potensi yang bisa dikembangkan dari makanan khas Indonesia itu. Maklum, peminat makanan tradisional bisa dibilang sangat banyak. Maka, muncullah restaurant yang khusus menyajikan makanan Indonesia dengan gaya penyajian ala Eropa.

Restaurant Oasis di kawasan Raden Saleh, Jakarta bisa dibilang salah satu pelopor lahirnya restaurant berkelas yang menawarkan Makanan Indonesia asli. Meski demikian, restaurant yang dibangun pada akhir 1980-an ini justru memasang target orang asing atau ekspatriat sebagai konsumennya.

Hingga menjelang 2000, Oasis bisa dibilang melenggang sendirian sebagai restaurant eksklusif yang menawarkan masakan khas Indonesia. Mulai 2000-an, semakin banyak bermunculan restaurant-restaurant mewah yang menyajikan makanan khas Indonesia. Sebut saja Kembang Goela, Bunga Rampai, Merah Delima, Lara Djonggrang, hingga Dapur Baba. Mereka rata-rata menyajikan makanan Indonesia sebagai alat penarik pengunjung.

Simak saja menu seperti nasi ijo, kering tempe, kentang balado, ikan kerapu, sampai jajanan pasar seperti bolu kukus. Meski begitu, masing-masing Restaurant punya ciri khasnya masing-masing.

Restaurant Kembang Goela, misalnya, lebih banyak menyajikan makanan Belanda peranakan Indonesia. Artinya menu yang disajikan ialah makanan Belanda yang juga sudah menjadi makanan sehari-hari orang Indonesia. Semisal sosis yang diberi nama Sosis Om Yance. Namun, tetap ada pula makanan dan minuman tradisional seperti es yang terbuat dari peyem atau tape.

Sedangkan Restaurant Bunga Rampai, lebih menyediakan makanan Indonesia dari penjuru Nusantara, mulai Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. Merah Delima menyediakan makanan China peranakan Indonesia, sedangkan Lara Djonggrang, sesuai namanya, lebih banyak menyajikan makanan Jawa.

okefood.com

Temukan semuanya tentang Makanan & Restaurant dan Toko Bunga

{ 0 komentar ... read them below or add one }