Memperbanyak Anthurium Bunga & Begonia

Diposting oleh malamjumat on Apr 19, 2010



Ada Dua cara untuk memperbanyak Anthurium Bunga yaitu secara Generatif (biji) dan Vegetatif (stek). Yang akhirnya bisa Anda jual bunga tersebut.

1. Cara Generatif (biji)

Tanaman Anthurium memiliki 2 macam bunga yaitu
bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan ditandai oleh adanya benang sari, sedangkan bunga betina ditandai oleh adanya lendir. Biji diperoleh dengan menyilangkan bunga jantan dan bunga betina. Dengan menggunakan jari tangan, bunga sari diambil dan dioleskan sampai rata dibagian lendir pada bunga betina. Sekitar 2 bulan kemudian, bunga yang dihasilkan sudah masak, didalamnya terdapat banyak biji Anthurium. Biji-biji tersebut dikupas, dicuci sampai bersih dan diangin-anginkan, kemudian ditabur pada medium tanah halus. Persemaian ditempatkan pada kondisi lembab dan selalu disiram.


2. Cara Vegetatif (stek).

Ada 2 cara memperbanyak secara Vegetatif (stek), yaitu stek batang dan stek mata tunas.

• Cara Perbanyak dengan Stek Batang


Pertam potong bagian atas tanaman (batang) dengan menyertakan 1-3 akar, bagian atas tanaman yang sudah dipotong kemudian ditanam pada medium tumbuh yang sudah disiapkan. Sebaliknya perbanyakan dengan stek mata tunas adalah mengambil satu mata pada cabang, kemudian menanam mata tunas pada medium tumbuh yang telah disiapkan. Untuk orang awam lebuh banyak menggunakan cara vegetatif karena tingkat keberhasilan yang lebuh tinggi serta mudah dilakukan.


• Stek menggunakan anakan yang sudah berumur 1 tahun (saat berbunga sudah mulai tumbuh anakan).


Bisa pula usia 6 bulan kalau sudah tumbuh anakan. Satu tanaman bisa diperbanyak tergantung anaknya, bisa menjadi 2-3 bibit. Pupuk NPK diaplikasikan 2 kali, sebelum berbunga untuk kandungan nitrogennya tinggi, dan pada umur 1 tahun kandungan N direndahkan, misalnya untuk pupuk Grow More dar- 20-20-20 menjdai 6-30-30 saat mulai berbunga. Anthurium
Bunga agar cepat tumbuh bunga diberi pupuk yang kandungan nitrogennya lebih rendah pada umur 3-4 bulan dengan komposisi pupuk 6:30 (N:PK).


Media semai berupa campuran pakis 40%, sekam bakar 40% dan humus 20%. Persemaian dilakukan di tempat yang diberi naungan paranet dengan tujuan melindungi dari sinar matahari langsung. Anakan tidak boleh terkena air hujan dan setiap dua hari sekali diberikan vitamin B. Cara Generatif kebanyakan dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Mereka bisa mendapatkan tanaman sesuai dengan species yang ingin disilangkan. Setelah tumbuh minimal dua daun baru dipindahkan ke polibag atau media tanamnya. Bakal daun akan terlihat dalam waktu 2-4 minggu setelah persemaian. Setelah tanam, tanaman dipelihara dengan menyiram 1-2 kali sehari. Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit, dipotong agar tanaman tampak bersih dan menarik.


Untuk Begonia perbnyakannya mudah, satu daun ditanam bisa muncul 5 bibit, atau batang dipotong-potong. Media tanam hampir sama dengan Anthurium bunga tapi kandungan andam lebih banyak karena Begonia lebih suka media lembab. Komposisinya 2 andam (sejenis pakis) : 1 pakis atau arang sekam. Pupuknya hanya berupa pupuk daun semport atau siram. Lama perawatan 3 bulan dan Anda sudah siap
jual bunga.


peluangusahauntukanda.blogspot.com

{ 0 komentar... read them below or add one }