Info Otomotif: Teknologi Satria F 150

Diposting oleh malamjumat on Apr 15, 2010


Teknologi FU150 yang mempunyai engine 147cc, 4 tak, DOHC 4 valves, air cooled with SACS (dengan Suzuki Advanced Cooling System), mendorong banyak orang membelinya. Dari sisi cc, FU150 adalah motor bebek paling gede dibandingkan bebek-bebek lainnya. Pertama kali menggunakan Suzuki FU150 masih dalam keadaan inreyen, mungkin pagi-pagi agak sulit menyalakankannya. Kick Starter nya kudu 2 -3 kali, baru bisa hidup enginenya. Agak sedikit boros dalam penggunaan bahan bakar. Namun dari sisi handling Satria FU150 boleh diacungin jempol. Karena posisi rider agak bungkuk, maka setelah menggunakan FU150, beralih ke moge spotz tidak banyak melakukan penyesuaian. Dari posisi riding, gigi semua mirip dengan moge sportz


Setelah melewati 500 km, dan dilakukan servis baru mulai terasa enaknya. Namun karena masih menggunakan oli standard suzuki, tarikan mesin masih agak berat. Nggak puas dengan kondisi ini, ganti oli mesin dengan oli sintetis. Pernah nyoba Fuchs Silkolene, dan juga Agip Racing 4T 10W-60. Menggunakan oli sintetis seperti Agip, mesin relatif lebih adem, suara lebih halus dan tarikan mesin lebih enteng!


Kestabilan Suzuki Satria ini lumayan lah, jika masih menggunakan ban standard. Namun demikian jika dalam kondisi hujan, ban standard Suzuki ini agak rawan terhadap kestabilan motor. Karena nggak puas dengan kondisi ban, dan terlebih kondisi Jakarta rawan ranjau paku, maka ban standard ganti dengan Ban
Battlax BT-39 yang mempunyai type soft compound. Untuk depan gunakan 80/90-17, sedangkan belakang 90/90-17. Sebenarnya mencari 100/80-17, tapi karena stock nya lagi nggak ada yah pake ukuran 90/90-17. Hasilnya kestabilan FU150 menjadi luar biasa. Permukan licin karena hujan ataupun tikungan dengan mudah dilibas oleh FU150.


Bahan bakar sangat berpengaruh terhadap akselerasi FU150. Walau disarankan pertamax. Berdasarkan pengalaman lebih bagus menggunakan shell atau Petronas. Tarikan FU150 akan terasa sekali bedanya. JIka tidak puas tambahkan sedikit octane booster kedalam Pertamax Plus / Super Extra. Dijamin Fu150 akan tambah bengis. Khawatir akan engine panas karena penggunaan bahan bakar beroctane tinggi ??? dari beberapa engalaman tidak terjadi karena dimbangi dengan penggunaan oli mesin sintetis Agip 10W-60 yang mempunyai viscositas tinggi.


Kombinasi antara oili mesin, bahan bakar octane tinggi dan
ban battlax, membuat Fu150 mempunyai akselerasi yang baik, dan ditambah kestabilan yang cukup prima. Rem depan dan belakang yang sudah menggunakan cakram, membuat kita lebih pede mengendarai FU150. Mungkin pernah ngalamin melakukan rem mendadak abizzz karena ada taxi yang ngerem mendadak dalam mencari penumpang, dalam kecepatan tinggi Fu150 bisa mencengkram dengan baik.. kalau nggak pake rem cakram dan ban battlax.


Karena untuk keperluan sehari-hari, kombinasi antara bahan bakar, engine oil, dan
ban battlax sudah cukup memenuhi. Kalau kurang puas, dapat melakukan penggantian pilot / main jetnya, CDI, free flow air etc. Namun demikian, silahkan tanggung sendiri mengenai pemakaian bensin yang bakalan lebih boros… Hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna FU150 adalah kapasitas tangki yang kecil, sehingga dikit-dikit harus ngisi bensin.


www.facebook.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }