Sinyal Handphone Yang Lemah

Diposting oleh Unknown on Mar 8, 2010



Tinggal di pinggir kota atau sedang melakukan perjalanan keluar kota terkadang mengganggu kelancaran komunikasi selular kita. Apalagi kalau bukan karena sinyal dari provider telekomunikasi yang lemah dan tidak stabil karena bts terdekat cukup jauh. Bahkan jika sudah melewati radius pemancar bts, sinyal bisa hilang sama sekali. Belum lagi karenakita menggunakan layanan operator yang masih baru, dimana kualitas sinyalnya memang belum maksimal. Jadi bagaimana solusinya? Untuk mengatasi hal ini, kita dapat menggunakan perangkat antena penguat sinyal pada handphone.
Perangkat antena penguat sinyal ini mempunyai beragam bentuk, fungsi dan efektifitas, tergantung pada tipe dan tujuan penggunaannya. Secara garis besar ada dua jenis penguat sinyal untukhandphone ini, khususnya untuk penggunaan personal yaitu:
* penguat sinyal handphone sederhana dengan sistem antena eksternal
* penguat sinyal handphone dengan sistem wireless (selular repeater)
Jenis pertama bekerja dengan cara memperkuat penerimaan sinyal dengan menggunakan antena tambahan agar lebih baik dalam menerima sinyaldari provider. Hasilnya cukup memuaskan dan tergantung pada kondisi lapangan. Jika tidak ada halangan yang berarti seperti perbukitan, perangkat penguat sinyal gsm ini sudah lebih dari cukup. Jenis ini sudah banyak beredar di pasaran khususnya di outlet-outlet handphone. Harganya sangat terjangkau dan bervariasi, mulai dari 60 ribu hingga 150 ribu. Biasanya, paket penguat sinyal gsm dan penjualannya terdiri dari antena luar, kabel coaxial, dan konektor ke handphone.
Alternatif lain
Bagaimana jika kita mendayagunakan barang-barang yang ada di rumah untuk memperkuat sinyal handphone kita? Ya hitung-hitung bisa menekan pengeluaran kita :). Dari menggunakan kawat tunggal tembaga, antena tv di rumah (gunakan booster untuk hasil yang lebih baik) hingga menggunakan wajan emak kita. Hasilnya cukup baik karena sebenarnya penggunaan barang-barang tersebut sebagai alternatif pengganti antena eksternal yang dijual di pasaran.

Http://communicationik.blogspot.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }