Mencari Penginapan Murah Saat Liburan di Singapura

Diposting oleh malamjumat on Mar 4, 2010



Penginapan Murah

Ada
dua jenis penginapan murah di Singapura. Yang pertama adalah backpacker hostel, atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan losmen. Hotel-hotel ini biasanya murah, tidak ber-AC dan kadang kamar mandi-nya tidak ada di setiap kamar, tapi di-share (shared bathroom). Hotel-hotel seperti ini cocok untuk individual backpacker yang ingin mengirit, tapi tidak cocok untuk keluarga, apalagi yang membawa anak-anak. Biasanya penginapan hostel-hostel seperti itu tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit, melainkan hanya menerima cash. Sehingga beberapa hostel mengharuskan kita untuk membayar deposit (diatas harga kamar) sebagai garansi, dan deposit itu akan dikembalikan sewaktu kita check-out dan mengembalikan kunci ke reception.


Yang kedua adalah
penginapan hotel kelas menengah ke bawah, yang cukup banyak di sekitar Little India, Bugis dan sekitarnya. Memang lebih mahal dibandingkan backpacker hostel, tapi lebih nyaman terutama bagi keluarga yang membawa anak-anak. Kamar mandi biasanya ada di setiap kamar, walaupun service yang disediakan standar. Beberapa hotel, terutama yang kelas menengah, menerima pembayaran dengan kartu kredit.


Perlu diketahui bahwa banyak
penginapan murah hotel-hotel kelas menengah ke bawah ini cukup banyak bertebaran di sekitar Geylang, namun disarankan untuk menghindari daerah tersebut, terutama bagi keluarga yang mempunyai anak. Hal ini disebabkan Geylang adalah daerah red light district-nya Singapura, dimana banyak aktivitas prostitusi yang menjamur di daerah itu. Dan kebanyakan mereka menggunakan hotel-hotel kelas menengah ke bawah itu untuk aktivitas mereka. Jadi, walaupun Anda mungkin tidak menggunakan “jasa” mereka, namun tetap Anda harus berpapasan dengan mereka di lobby hotel, jadi environment-nya tidak begitu nyaman, terutama untuk anak-anak.


Beberapa hostel backpacker yang terkenal di Singapura adalah InnCrowd Hotel dan Fragrance Backpacker Hostel yang berlokasi di Little India, dan New Seventh Storey (NSS) Hotel yang berlokasi di Bugis. Sedangkan beberapa hotel kelas menengah di Singapura adalah Hotel 81 dan Fragrance Hotel yang memiliki banyak cabang di beberapa tempat di Singapura. Beberapa cabang Hotel 81 dan Fragrance juga menyediakan tarif murah untuk backpackers. Hotel Supreme adalah salah satu hotel kelas menengah termurah di daerah Orchard. Sedikit ke arah timur, Strand Hotel di Bencoleen Street juga tidak terlalu jauh dari Dhoby Ghaut dan Plaza Singapura. Park View Hotel juga lumayan bagus dan murah.


Transportasi ke Hotel


Kebanyakan backpackers dari Indonesia kemungkinan akan memilih jalur Batam untuk menuju Singapura, mengingat tiket pesawat Jakarta-Batam yang jauh lebih murah dibandingkan tiket pesawat langsung Jakarta-Singapura. Ferry dari Batam akan berlabuh di Harbourfront Centre. Dari sana, kereta api (MRT) adalah mode transportasi cepat dan murah untuk sampai ke hotel. Sebenarnya, naik bus bisa lebih murah, namun lebih lambat dan cukup repot kalau kita membawa banyak koper.


Untuk tujuan hotel-hotel di sekitar Little India (seperti InnCrowd), Dhoby Ghaut (Supreme, Strand) dan Chinatown, Anda cukup naik kereta api sekali dari stasiun MRT Harbourfront ke stasiun MRT Little India, Dhoby Ghaut dan Chinatown. Namun jika hotel ada berada di daerah Bugis, maka Anda perlu turun di Outram Park, lalu pindah kereta api yang ke arah Pasir Ris dan turun di stasiun MRT Bugis.


Perlu diketahui bahwa untuk ganti kereta api ini, Anda tidak perlu keluar stasiun. Sehingga di Harbourfront, Anda bisa membeli tiket kereta api langsung ke Bugis atau Orchard misalnya, walaupun perjalanan ke sana mengharuskan Anda untuk pindah kereta api di stasiun interchange tertentu (misalnya di Outram Park jika Anda ingin ke Bugis, atau di Dhoby Ghaut jika Anda ingin ke Orchard).


Jika Anda membawa banyak koper dan agak repot kalau naik kereta api, Anda bisa naik taksi.


ip.sg.or.id

{ 5 komentar... read them below or add one }

sigit said...

"Bulan januari kemarin saya menginap di Mercure Roxy Singapore .. setelah selesai check out eh saya nerima e-mail dari manajemen-nya Mercure, dan di e-mail itu ada info tentang promo-nya Accor Group Hotels di Singapore .. sekalian berbagi di sini aja ya .. smoga bermanfaat !

- Grand Mercure ROXY Singapore Rp. 1.004.690 / Hotels offers free return airport transfer
- Novotel Singapore Clarke Quay Rp. 1.276.300 / Hotel is strategically located in the heart of the city
- Ibis Singapore on Bencoolen Rp. 869.000 / Hotel is being voted Best Budget Hotel 2009

* Periode pemesanannya berlaku mulai hari ini sampai 31 maret 2010
* Periode nginepnya berlaku mulai hari ini sampai 30 April 2010

link terkait :
http://explore-singapore.com.sg/id/promotion.html"

Imam said...

Terima kasih atas infonya yang super bermanfaat ini, apalagi untuk saya yang memang senang bertraveling dengan "backpacker" style. Backpacker Hotel di Singapura memang banyak pilihannya, dilihat mulai dari harga, lokasi yang strategis, serta fasilitas yang diberikan. Tinggal disesuaikan dengan selera dan budget yang mampu kita anggarkan. Boleh saya tambahkan " The Hive Backpacker Hostels" sebagai salah satu pilihan hotel murah di Singapura ? Januari lalu saya menginap di sana, dan menurut saya tempatnya nyaman untuk kelas backpacker hostel : fasilitas cukup lengkap (ada akses internet gratis di lobby, free breakfast ringan,dll) dan juga harganya terjangkau. Letaknya dekat sekali dengan stasiun MRT Boon Keng. worth to try ! :)

Wisata Singapura said...

Kalau mau cari penginapan murah bisa masuk ke blog kami. Ada berbagai informasi yang berguna bagi anda sebagai panduan selama berwisata di singapura. Jangan lupa beli Singapore City Pass agar liburan menjadi lebih ekonomis.

hotel murah di singapore said...

thanks for the great information!

Hotel Murah Singapura said...

untuk membandingkan harga hotel di SIngapuran agar bisa mendapatkan hotel murah dan terbaik bisa melalui situs kami http://asiahotelsreview1.com/