Fashion Muslim Masuki Bisnis Fashion Global

Diposting oleh Wikey on Mar 11, 2010




Fashion Muslim kini mulai menggebrak perdagangan fashion dunia. Sebuah pusat studi mengenai busana bernama French Fashion University Esmond, Dubai, mengungkapkan bahwa busana Muslim merupakan salah satu ikon terpandang dalam bisnis fashion global. Menurut penghitungan direktur lembaga tersebut, Tamara Hostal, transaksi global busana Muslim setiap tahun mencapai 96 miliar dolar AS.

"Kita sekarang melihat betapa busana yang berakar dari tradisi Arab itu merwarnai jalanan di Eropa," ujar dia dalam situs Gulfnews. Hal ini, dinilainya, tidak terlepas dari kebangkitan kelas menengah Muslim dunia. Mereka memudahkan penetrasi pasar busana Muslim ke seluruh dunia. Daya beli mereka yang kuat juga menjadikan pasar busana Muslim menjadi semakin terbuka.

Kesadaran akan Islam di kelas menengah, dinilainya, juga menjadikan banyak kalangan yang mencoba menyesuaikan gaya hidup modern dengan tradisi Islam. Hal ini menjadi rangsangan tersendiri untuk tumbuhnya perdagangan busana Muslim di ranah gloal.

Tak hanya di dunia Islam, menurut Hostal, pertumbuhan pasar Fashion Muslim juga terjadi di Eropa. Saat ini, kata dia, di Inggris saja terdapat sekitar 1,5 juta Muslim. Dengan jumlah itu, dia memperkirakan transaksi busana Muslim di negara tersebut mencapai 150 juta dolar AS dalam setahun. Dengan total kaum Muslim sebanyak 16 juta jiwa, menurut dia, omzet perdagangan busana Muslim di Eropa bisa mencapai 1,5 miliar dolar AS per tahun.

Tak hanya dari sisi pasar, kata dia, model atau desain busana Muslim saat ini juga berkembang sangat maju. Hostal menyebutkan bahwa desainer tenar seperti Hermes dan Gucci, kini juga mencoba untuk masuk pasar busana Muslim dengan menciptakan produk kerudung dan lainnya.

republika.co.id

{ 0 komentar ... read them below or add one }