Bantal Kursi: Menggelembung Belum Tentu Nyaman

Diposting oleh Wikey on Mar 29, 2010




Ternyata, tampilan bantal kursi yang cantik dari luar belum tentu empuk dan nyaman untuk digunakan. Ada cara jitu untuk memilih bantal kursi yang baik.

Rasanya, tak ada rumah yang tak memiliki bantal kursi. Hampir setiap kursi di dalam ruangan memiliki bantal. Bahkan di ruang keluarga yang tak dilengkapi kursi pun, kerap disediakan bantal-bantal besar maupun kecil untuk pelengkap (Bantal Selimut).

Bantal kursi merupakan pelengkap kenyamanan. Rasanya kurang pas jika sebuah kursi tak memiliki bantal. Malah sofa yang memiliki jok dan sandaran empuk pun masih juga memerlukan bantal tambahan. Apalagi jika kursi tersebut tak memiliki jok. Sebut misalnya kursi kayu dan kursi besi di teras, atau kursi becak model zaman dulu.

Biasanya, jika kita akan membeli bantal kursi, yang pertama perlu kita lihat adalah tampilan luarnya. Entah itu dari sarung bantalnya yang cantik, bentuknya yang unik, atau warna dan motif yang menarik.

Kita jarang memperhatikan "dalaman" bantal tersebut. Padahal, kenyamanan akan tercipta dari bahan atau material pembentuk bantal tersebut. Mulai dari isi, pembungkus, sampai bagian luarnya (penutup).

Terkadang kita jatuh cinta pada bantal dengan tampilan menggelembung. Asal tahu saja, bantal menggelembung sebetulnya belum tentu lentur dan nyaman untuk digunakan.

Ada bantal menggelembung yang ternyata keras dan tidak lentur ketika disandari atau dipeluk. Atau, ada bantal yang menggelembungnya hanya dalam hitungan hari. Tak lama setelah digunakan bantal tersebut lantas kempes dan tak lagi lentur.

Kita tahu, selain berfungsi sebagai pelengkap kenyamanan, bantal (Bantal Selimut) juga berguna sebagai elemen estetika dalam ruangan. Sebagai aksesori, ia dapat membuat ruangan tampil menawan. Karena itu, cermatlah dalam memilih bentuk, ukuran, dan sarung bantal yang baik.

Tip Memilih Bantal yang Baik :
- Cobalah pegang dan remas. Bantal yang baik akan terasa ringan, lentur, lebih kenyal, dan lembut.
- Bantal yang kurang baik biasanya terasa lebih kasar, agak kaku, dan tidak terasa unsur kekenyalannya.
- Umumnya bahan pengisi bantal tidak disarankan untuk dicuci. Jemur sesekali agar bantal yang kempes kembali mengembang.

Perawatan Umum :
- Aplikasikan fabric protector berbentuk spray (semprot) yang banyak dijual di pasaran. Dengan cairan proteksi dari pabrik itu, bantal lebih tahan terhadap kotoran.
- Hindari terkena tumpahan zat cair.- Bukalah sarung bantal ketika menjemur agar warnanya tidak pudar.

Ukuran yang Umum :
- Bantal kursi: 40cmx40cm, 45cmx45cm, 50cmx50cm.
- Bantal lantai:70cmx70cm, 90cmx90cm.
- Bantal dekorasi nonstandar: 25cmx45cm, 30cmx40cm, dan lainnya.

(iDEAonline/Reni)

{ 0 komentar ... read them below or add one }