3 Hal Penting Memilih Material Finishing untuk Bahan Bangunan

Diposting oleh Wike Furyandi on Mar 23, 2010




UNTUK menentukan jenis material (Bahan Bangunan) finishing dan bagaimana mengaplikasikannya, biasanya muncul pertanyaan berikut:

Tanya: Apakah konsep rancangan berpengaruh terhadap pemilihan akan material?

Jawab: Tentu saja. Material finishing merupakan material terakhir untuk menghasilkan produk yang diharapkan. Olehkarena itu pemilihan yang tepat sangat dianjurkan.

Untuk bangunan berkonsep alami, sebaiknya dipilih material finishing dari bahan alami pula. Misalnya kayu atau batu.

Lain halnya dengan konsep modern. Bisa digunakan material berbasis kaca, logam, atau material pabrikasi lainnya.

Penggabungan Bahan Bangunan material natural dan modern juga dapat dilakukan dengan proporsi berimbang, tergantung dari konsep desain dan selera.

Tanya: Bagaimana peruntukkan material? Apakah boleh menggunakan keramik dinding untuk lantai atau sebaliknya?

Jawab: Material memiliki spesifikasi tertentu sesuai peruntukannya. Keramik lantai memiliki ukuran dan ketebalan khusus lantai dan memiliki tingkat kekuatan lebih dibandingkan keramik dinding. Olehkarenanya, hindari menggunakan keramik dinding untuk lantai. Langkah sebaliknya boleh saja dilakukan, namun tentu akan lebih boros pada biaya. Ini karena kebanyakan keramik lantai lebih mahal daripada keramik dinding.

Tanya: Bagaimana memilih spesifikasi yang tepat?

Jawab: Namanya juga material finishing, maka aplikasinya tentu pada proses terakhir pembangunan. Akibatnya, material ini lebih sering bersentuhan langsung dengan segala kegiatan penghuni dan perubahan lingkungan. Material finishing juga memberi tampilan pada sebuah bangunan. Selain itu, juga melindungi elemen-elemen vital bangunan seperti dinding dan kolom.

Olehkarenanya, sebaiknya pilih material finishing yang sesuai dengan peruntukan dan tujuan penggunaannya. Misalnya, untuk lantai, pilihkan material lantai yang kuat untuk lantai yang sering terkena beban tinggi. Gunakan cat khusus eksterior untuk finishing dinding luar bangunan. Cat eksterior didesain mampu menahan perubahan cuaca secara lebih baik dibandingkan cat untuk interior. (whery)

kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }