Usaha Kaos Distro dengan Sablon Digital

Diposting oleh Wikey on Feb 10, 2010




Kali ini saya menghadirkan ide bisnis yang mungkin terdengar klise tetapi masih sangat mungkin untuk dikembangkan. Ya, bisnis yang saya maksud adalah berjualan t-shirt dengan design custom atau lebih tepat Bisnis Sablon Kaos (desain tersendiri yang eksklusif).

Trend T-Shirt kaos sablon tanpa kerah akan selalu ada sepanjang zaman, ditambah lagi kegemaran atau trend dewasa ini dimana masyarakat terutama anak-anak muda menyukai desain yang eksklusif sehingga apa yang mereka pakai tidak pasaran. Nah, biasanya anak-anak muda yang menginginkan desain eksklusif biasanya lari ke distro (distribution outlet) yang menawarkan aneka jenis T-Shirt eksklusif dengan beragam warna, desain dengan gambar tokoh kartun lucu, band idola dan gambar-gambar lainnya.

Jika ditilik, peluang usaha dalam bidang Sablon Kaos ini persaingannya cukup sen*** namun bila Anda berjiwa seni tinggi dan mampu menawarkan desain yang terbaik, serta tak lupa berpromosi dengan gencar, mungkin saja produk Anda akan laris manis terjual.

Sebetulnya modal untuk memulai bisnis ini tidak begitu besar. Dengan modal dibawah Rp. 7 juta, saya menemukan beberapa supplier yang menawarkan paket usaha lengkap terdiri dari 1 unit Mesin Hot Press, 1 Unit Printer sistem infus, Tinta Sublime, Inkjet Paper dan 1 lusin kaos polyester. Saya kira paket itu lengkap dengan petunjuk penggunaan bagaimana menyablon kaos. Kelebihan dari sablon kaos digital adalah proses yang sangat cepat tanpa berurusan dengan alat sablon manual.

Paling utama, bisnis ini membutuhkan kreatifitas tinggi dan kemampuan mengolah desain grafis, paling minimal anda menguasai Photoshop. Ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu penggunaan photoshop untuk keperluan desain.

dewasa ini disain mudah ditiru, tetapi anda tak usah khawatir, bila anda selalu muncul dengan ide desain yang segar, mungkin saja penjualan t-shirt anda laris manis. Baca pula trend terkini di kalangan anak muda, apakah publik sedang menyukai tokoh kartun tertentu atau seleb tertentu, why not kita buat desain kaosnya, siapa tahu anda bisa menumpang trend yang sedang in.

Hal lain yang perlu dipikirkan adalah strategi pemasaran, bisa saja anda menawarkan produk pada teman dan kerabat, membuka toko sendiri, atau kalau tidak cukup modal bisa merambah dunia maya dengan membuat web store.

Kekurangan usaha ini, sablon kaos digital kurang cocok pada bahan katun karena warnanya kadang-kadang warnanya kurang kontras. Bisa saja anda kombinasikan dengan sablon manual untuk menghasilkan desain sablon kaos yang bagus dan terutama enak dipakai.

Terimakasih atas perhatiannya!

idebisnisusaha.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }