Usaha Bisnis Rental Kendaraan Makin Meningkat

Diposting oleh Wikey on Feb 3, 2010




Beberapa hari menuju perayaan Natal dan tahun baru 2010, sejumlah usaha Rental Kendaraan seolah mendapat durian runtuh. Sektar 90 persen unit mobil milik perusahaan penyewaan ludes dipesan oleh masyarakat untuk keperluan Natal dan tahun baru.

Trac Astra Rent Car di Jalan Racing Centre mencatatkan, sejak pekan lalu tingkat pemesanan sudah mencapai 50 persen dan memasuki pekan ini naik lagi menjadi 90 persen. Waktu pemakaian dimulai pada 24 Desember 2009 hingga 2 Januari 2010.

Kepala Cabang Trac Astra Rent Car Sofyan kepada Tempo mengatakan biasanya pada akhir tahun terjadi peningkatan permintaan jasa Rental Kendaraan. "Umumnya pengguna jasa memanfaatkannya untuk keperluan mudik," kata dia.

Dia menyebutkan, jumlah mobil yang dikelola Trac Astra Rent Car sekitar 100 unit. Jika unit yang siaga sudah habis disewa, biasanya mereka bekerja sama dengan pemilik mobil pribadi yang tidak memiliki usaha sejenis.

Mobil yang disewakan umumnya bermerek Toyota Avanza, Innova, dan Daihatsu Xenia. Selain itu, ada Toyota Camry dan Alphard. Untuk pemakaian Avanza dan Xenia dikenai tarif Rp 450 ribu per hari tanpa sopir dan bahan bakar ditanggung penyewa.

Tarif itu sedikit naik dari tarif normal sebesar Rp 400 ribu per hari. Ada pun mobil mewah yang disewakan diberi tarif Rp 1,5-2,5 juta per hari. Peruntungan yang sama dialami Adira Rent Car di Jalan Pengayoman.

Di perusahaan jasa mobil sewa anak usaha Grup Adira itu, tingkat pemesanan telah mencapai 90 persen dari total 50 unit mobil sejak akhir pekan lalu. "Sekarang tinggal beberapa unit saja mobil yang tersedia. Lainnya sudah disewa hingga 1-3 Januari 2010," kata Etika Risriany, staf layanan pelanggan Adira Rent Makassar.

Dia mengatakan tarif sewa juga naik dari tarif pada hari biasa dari Rp 350 ribu menjadi Rp 400 ribu per hari tanpa sopir dan bahan bakar ditanggung penyewa.

Satu perusahaan jasa mobil sewa lainnya, CV Lamanja Rent Car di Jalan Toddoppuli Raya Timur, mengalami hal serupa. Pesanan mobil di perusahaan yang mengelola 10 unit mobil sewa itu sejak awal pekan ini meningkat menjadi 90 persen. Lama sewa rata-rata hingga awal tahun depan.

"Ini mobil Avanza tinggal satu unit yang tersisa, yang lain sudah disewa," kata Fajar, pengelola Lamanja Rent Car.

Dia menuturkan, tarif sewa naik menjelang Natal dan tahun baru karena tingkat permintaan juga naik. Lamanja mendongkrak tarif sewa menjadi Rp 350 ribu per hari atau 24 jam tanpa sopir dan bahan bakar ditanggung penyewa. Sebelumnya, tarif normal sebesar Rp 250 ribu per hari.

korantempo.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }