Trik Mencari Pengasuh Anak yang Tepat

Diposting oleh Wikey on Feb 4, 2010




Pekerjaan tentu menuntut waktu serta pikiran Anda dan suami. Pengasuhan anak pun biasanya diserahkan pada orangtua atau orang-orang terdekat.

Jika itu juga tidak memungkinkan, jalan keluarnya adalah mencari pengasuh anak atau baby sitter. Mencari pengasuh anak yang tepat memang menjadi masalah tersendiri bagi para wanita pekerja.

Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih pengasuh anak. Jangan sampai Anda salah pilih karena dampaknya akan langsung terkena pada buah hati tercinta. Sebelum Anda merekrut pengasuh anak, pertimbangkanlah hal-hal berikut.

- Jaringan. Manfaatkan jaringan Anda, bisa tetangga, milis atau teman-teman di kantor untuk menggali informasi tentang pengasuh anak. Mendapatkan informasi tentang pengasuh anak dari orang yang dikenal bisa jauh lebih aman. Mungkin saja diantara mereka ada yang sudah tidak perlu pengasuh anak dan Anda bisa merekrutnya.

- Wawancara. Jadwalkan wawancara pada calon pengasuh anak Anda. Tanyakan pengalamannya, biarkan ia bercerita dan pertimbangkan matang-matang apakah pengalaman dan keahliannya sudah sesuai dengan kualifikasi Anda. Tanyakan juga gaji yang dinginkan agar Anda dan suami bisa memperhitungkan pengeluaran setiap bulan.

- Kenalkan pada si kecil. Memperkenalkannya pada sang buah hati adalah yang paling penting. Sediakan waktu agak lama sekitar 30 menit hingga 1 jam, untuk melihat interaksinya dengan si kecil. Cermati dengan seksama apakah dia bisa dekat dengan si kecil. Kedekatan ini adalah masalah kecocokan, jadi sedikitlah bersabar untuk mencari pengasuh yang cocok dengan si kecil.

- Referensi. Jika ia bisa memberi tahu nomor telepon tempat ia bekerja sebelumnya itu akan lebih baik. Anda bisa menghubunginya untuk mendapatkan referensi bagaimana track record pekerjaannya.

- Buat Janji. Jika Anda sudah menemukan pengasuh yang sesuai dengan kriteria dan bisa dekat dengan anak Anda, segera buat perjanjian. Tentukan kapan ia bisa datang ke rumah, beritahu jam kerjanya, pembayaran gajinya, dan hal apa yang harus dan tidak boleh dilakukannya. Beritahukan juga cara kerja peralatan rumah tangga yang ada di rumah, nomor telepon penting, obat-obatan si kecil, serta tuliskan juga hal yang memicu alergi jika buah hati memiliki alergi tertentu.

- Jadwal. Akan lebih baik Anda yang menentukan jadwal si kecil, bukan pengasuh. Buatlah jadwal yang detail untuk si kecil mulai dari jam makan, minum susu, mandi, bermain hingga tidur. Mintalah pengasuh untuk menaati jadwal yang telah Anda buat.

• VIVAnews

{ 0 komentar ... read them below or add one }