Tips Mengasuransikan Kendaraan Mobil

Diposting oleh Wikey on Feb 4, 2010




Memilih perusahaan asuransi untuk melindungi kendaraan kesayangan bukanlah hal yang sederhana. Di tengah persaingan para penyedia jasa asuransi (Asuransi Adira), berbagai iming-iming untuk konsumen pun hinggap di telinga Anda. Mulai dari premi yang rendah, lingkup pertanggungan yang luas, kendaraan pengganti, garansi hasil kerja bengkel, dan lain-lainnya.

Lantas, bagaimana konsumen dapat dengan jenih memilah asuransi (Asuransi Adira) mana yang paling tepat untuk dipilih? Sebab patut diingat, sekali kita closing dengan sebuah perusahaan asuransi, maka sekurang-kurangnya, dalam waktu satu tahun ke depan, Anda akan "terikat", atau rugi.

Coba perhatikan beberapa tip di bawah ini:

1. Pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki kemampuan keuangan yang baik (biasanya bisa dilihat dari risk base capital/RBC). Ini agar Anda yakin bahwa saat terjadi klaim maka perusahaan tersebut dapat membayarnya.

2. Lihat apakah perusahaan tersebut memiliki kelengkapan jaminan yang Anda butuhkan, misalnya komprehensif, TLO, third party liability, personal accident, huru-hara, banjir, atau gempa. Minta penjelasan detail tentang berbagai jenis asuransi yang ditawarkan itu. Kemudian pilih jenis asuransi yang ditawarkan sesuai kebutuhan Anda.

3. Perhatikan apakah ada tambahan keuntungan lainnya (biasa disebut fitur) dari asuransi itu. Ada perusahaan yang bisa memberikan benefit lebih, contohnya memberikan gratis jasa perpanjangan STNK.

4. Jangan lupa mengalokasikan dana setiap tahun untuk asuransi. Pilihlah paket yang sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda, atau dengan kata lain, Anda bisa mencari perusahaan yang cukup lengkap menyediakan pilihan paket produk.

5. Lihat aksesibilitas dan pelayanan perusahaan. Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih membuka kemudahan untuk di kemudian hari, bila Anda harus menghubungi untuk kepentingan klaim atau perpanjangan asuransi.

6. Pilih perusahaan asuransi yang pelayanannya tak berbelit-belit dan memudahkan pemegang polis. Ini termasuk pelayanan saat klaim yang meliputi proses survei, ketersediaan bengkel, dan kualitas bengkel.

m.kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }