Tips Membangun Kerjasama Yang Baik

Diposting oleh Unknown on Feb 24, 2010




Suatu program yang ingin dilaksanakan sangat memerlukan kekompakan dan
kerjasama suatu tim, agar program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Oleh karena itu, terlebih dahulu harus menyiapkan lebih awal berbagai hal penting. Kebutuhan pada aspek material, keahlian personal, sampai pada aspek kesiapan mental dalam melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, apalagi sebelumnya belum pernah kenal, termasuk upaya menghadapi berbagai kemungkinan negatif maupun positif yang akan muncul dalam realisasi program.
Membangun tim
Terlebih dahulu membentuk tim kerjasama, lebih selektif memilih koordinator programnya sampai pada bidang atau seksi yang dibutuhkan baik dalam kerjasama usaha. Orang yang ditunjuk mengisi bidang atau seksi harus pas sesuai dengan keahliannnya agar lebih memudahkan menyelesaikan tugas yang diamanahkannya. Koordinator program yang ditunjuk secara musyawarah paling tidak harus memilih beberapa kriteria pokok, antara lain: memahami program yang ingin dilaksanakan, keahlian mendorong partisipasi anggota, keahlian dalam memahami dinamika tim yang dibentuk, mampu memelihara semangat kerja tim, dan bersedia mengambil resiko yang telah disepakati sebelumnya. Dalam membentuk tim, upayakan tim yang dibentuk lebih kecil (tidak perlu banyak orang), selain bisa lebih efektif, efiesien juga lebih hemat biaya.
Job discription personal
Setelah tim terbentuk, koordinator program dan dibantu oleh sekretaris membuat ã¢â‚¬å“job descriptionã¢â‚¬â untuk memudahkan dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Dalam job description harus memuat tugas dan wewenangnya masing-masing posisi, agar tidak melahirkan konflik antar bidang atau seksi. Jika konflik tidak bisa dihindari, segala masalah harus dibawah dalam rapat panitia, kalau waktunya mendesak maka negosiasi kedua pihak yang berkonflik harus berupaya mencari jalan keluarnya agar masalahnya cepat selelesaiKoordinator harus menjelaskan hal-hal penting berkaitan dengan agenda tim, dan yang tidak kalah pentingnya, harus menjadi mediator dan fasilitator dan harus bersikap tegas dan adil dalam menyelesaikan masalah. Berikan gambaran berbagai idikator keberhasilan dalam menjalankan program, seperti kualitas, ketepatan waktu dan efektivitas biaya yang dipakai.
Saling mendukung
Dalam implementasi tugas masing-masing, tim harus saling memberikan semangat dan respon yang baik terutama dalam kerjasama usaha, tidak memberikan penilai dan informasi yang buruk pada tim lainnya, karena bisa melahirkan persaingan yang tidak baik


Http://www.gp-ansor.org

{ 0 komentar ... read them below or add one }