Tinggal di Apartement atau Rumah Kos?

Diposting oleh Wikey on Feb 5, 2010




Apartement terus berjamuran di Jakarta dan sekitarnya. Nah, lebih enak mana tinggal di Apartement atau di Rumah Kos? Sebenarnya tergantung dari kebutuhan individu. Tinggal di Apartement secara umum lebih mahal dari tinggal di Rumah Kos, walaupun tidak selalu.

Rumah Kos yang berlokasi di Seputaran Sudirman, Jakarta misalnya. Harga per bulan bisa rata rata di atas 1 juta rupiah. Bahkan dapat mencapai 5 juta rupiah. Dengan begini, harga sewa per tahun bisa mencapai 60 juta rupiah. Kalau sudah begini, mungkin sewa Apartement bisa lebih murah. Misalkan, kalau seseorang menyewa kamar kos seharga 2.5 juta, maka per tahuan total harga sewa kamar 30 juta rupiah. Jumlah ini cukup untuk sewa antara 1 - 2 kamar Apartement, lengkap dengan fasilitas nya. Nah, biaya biaya apa saja pada saat menyewa Apartement yang mungkin perlu dibayar?

1. Deposit awal. Tergantung apakah Apartementnya Furnished atau Tidak (Furnished maksudnya ada isi Furniture, Kulkas, AC dll.. ). Minimal 1 bulan deposit atau bahkan bisa lebih.

2. Biaya Sewa Apartement. Bisa 1 tahun atau lebih. Biasanya pemilik menginginkan lebih dari 1 Tahun.

3. Service Fee Bulanan. Biaya ini tergantung dari luas Apartement. Makin luas, tentunya makin mahal. Tergantung dari jenis Apartement. Harganya bisa Rp 5000/m2 atau lebih. Apartement seluas 50 m2 misalnya, bila per m2 = Rp 5000, Biaya Service Fee bulanannya menjadi Rp 250.000.

4. Biaya Listrik dan Air. Biaya ini tergantung dari banyaknya pemakaian. Untuk 1 orang yang tinggal di Apartement, biayanya bisa mencapai Rp 500.000.

5. Biaya Parkir. Sekali lagi tergantung dari Apartementnya, apakah menyediakan Parkir Gratis atau Secured Parking dimana penghuni perlu membayar bulanan.

6. Biaya Kabel atau Satelit TV. Biasanya kalau penghuni menginginkan channel TV khusus seperti HBO, Discovery, Xing He atau lainnya, penghuni perlu membayar lagi biaya ini. Besarnya antara Rp 100.000 ke atas tergantung Channel berlanggnan yang diinginkan.

7. Biaya Internet. Internet biasanya bukan Fasilitas Gratis di Apartement. Bisa ada 1 provider, bisa juga lebih, tergantung dari Manajemen Building. Saat ini Internet sudah bisa diakses tidak hanya melalui kabel network, tetapi juga melalui berbagi media wireless yang terus berkembang pesat.

8. Biaya Cuci Pakaian dan Kebersihan Apartement. Di Apartement biasanya tersedia juga jasa pencucian pakaian / Laundry dan juga jasa membersihkan Apartement. Biaya yang penhuni keluarkan tentunya tergantung masing masing invidividu.

Nah bila dilihat dari list Biaya diatas dan dibandingkan dengan Rumah Kos, memang ada pekerjaan tambahan yang perlu dilakukan, yaitu tidak lupa membayar berbagai macam biaya Apartement. Biasanya Rumah Kos juga membutuhkan Deposit Awal yang besarnya umumnya 1 bulan deposit.

Selain Deposit, penghuni Rumah Kos biasanya terima bersih, berarti tidak ada lagi Service Fee, Biaya Listrik dan Air, Biaya Parkir, Biaya Kabel atau Satelit TV, Biaya Cuci Pakaian. Bahkan Internet bisa juga Gratis, terutama untuk Rumah Rumah Kos yang harganya sudah mencapai jutaan rupiah per bulannya. Bisa juga service ini tidak gratis diberikan, tetapi berlangganan yang tentunya harganya biasanya murah dan terjangkau kantong para Penghuni Rumah Kos.

rumahkos.com/

{ 0 komentar ... read them below or add one }