Tahap Pembuatan Kerajinan Tembaga Dan Kuningan

Diposting oleh Unknown on Feb 17, 2010




Membuat barang-barang kerajinan memang tidak instant dan tidak mudah, terutama kerajinan kuningan dan kerajinan tembaga. Proses pembuatan kerajinan kuningan terbilang cukup panjang dan melalui beberapa tahapan proses yang panjang pula. Semua dilakukan agar produk kerajinan tembaga yang dihasilkan juga maksimal dan bernilai seni tinggi.

Pembuatan kerajinan tembaga dimulai bukan dari membentuk suatu kreasi menjadi sebuah produk seni namun dimulai dari membuat ide, menyiapkan copper atau tembaga dan kuningan atau brass yang berupa plat tembaga dan kuningan. Setelah bahan baku sudah terkumpul, mulailah tahap produksi yaitu menyalurkan ide kedalam copper plate atau brass plate.
Proses pemahatan dan pengukiran kerajinan tembaga tidak seperti memahat atau mengukir kayu, jelas sekali bahwa tembaga memiliki tingkat kekerasan yang jauh berbeda dibandingkan dengan kayu. Namun dengan keahlian dan kesabaran, copper craftmen dapat menghasilkan karya seni yang bernilai artistik tinggi.
Setelah brass and copper selesai dipahat dan ***kir, tahap selanjutnya adalah melakukan finishing. Finishing disini bukan berarti memberi warna saja, namun juga mengamplas dan memperhalus tekstur dari produk kerajinan tersebut. Proses pengamplasan dimaksudkan juga agar nantinya saat pengecatan, cat dapat menempel sempurna pada plat tembaga.
Setelah semua proses diatas selesai, tahap terakhir adalah penjemuran. Sampai disini produk kerajinan sudah selesai dan siap untuk dipesan ataupun dikirim ke pelanggan. Bagaimana ingin mencoba?



Http://tembagakuningan.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

-rdt- said...

Butuh informasi donkk... kalo mau pesen dan nyari pengrajin tembaga yang bagus dimana yah.. Thanks be4.. please inform me through abyradityo@gmail.com

Thanks..
Its nice blog btw, sangat informatif..

Cheers,
aby