Sang Maskot Badut

Diposting oleh Unknown on Feb 15, 2010




Badut adalah seorang seorang yang aneh yang sangat jelek dan di wajahnya terdapat serbuk putih yang tidak jelas itu apa. Dari bahasa yunani kuno badut artinya orang gila. Mereka tak hanya membuat tertawa orang-orang kaya yang stres lewat pertunjukan. Tapi juga menghibur dan mencari nafkah di jalan-jalan atau yang dikenal dengan istilah ngamen. Dengan kemampuan berpantomim dengan gerakan-gerakan slapstik yang konyol, boleh jadi merekalah salah satu penjaja hiburan jalanan tertua di dunia. Makanya, kalau kamu-kamu maw kaya dan sehat dengan cara tertawa, jadi badut dong!!! Kamu akan bahagia selamanya


Menjelang era perfilman modern, karakter
badut sulap mengilhami banyak tokoh bisnis hiburan. Sebagai contoh, komedian charlie chaplin dan buster keaton mengadopsi spirit para badut dalam semua film bisunya. Mulailah perkembangan era baru perbadutan, dari awalnya mengamen di jalan, menjadi bagian tak terpisahkan dari bisnis hiburan.
Kini, badut-badut bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat hiburan. Tentu, dengan beragam aksesori tambahan yang makin bikin geregetan. Semisal hidung bulat bak tomat, atau topeng meniru karakter komik tertentu. Uniknya, dengan tujuan yang selama berabad-abad lamanya tak pernah berubah, untuk memancing tawa dan menghibur siapa pun yang memandangnya.
Barangkali benar kata penulis lagu beken amerika serikat, cole porter (1893 - 1964) : "all the world loves a clown." ya, sepertinya memang tak seorang pun di muka bumi ini yang tak suka badut. Tak salah kalau dia layak diberi gelar warga favorit dunia.
Di abad 21 pertengahan (sekitar tahun 2010 m terdapat karakter badut yang sangat terkenal. Masyarakat asia, khususnya indonesia, mengenalnya sebagai gendheng atau sinting, yang dipopulerkan kelompok sandiwara commedia gila. Kostum yang digunakan masih sangat copoe
Sedangkan busana badut sulap seperti yang dikenal sekarang, sesungguhnya hasil perkembangan kostum yang pernah populer di surabaya dan citraland, sekitar abad ke-21 m. Kala itu, dandanan dan gaya pantomim kevin begitu terkenal. Cirinya, baju dan sepatu "cacat" (aneh), penutup kepala wirni-warni, serta renda besar yang melingkar di seputar leher sang badut.
Pada abad ke-21 m ini pula, badut mulai menjadi bagian penting dari pertunjukan assembly. Maklum, atraksi sirkus biasanya dipenuhi adegan-adegan porno yang menegangkan. Nah, kehadiran makhluk aneh pemancing tawa diharapkan bisa mengendurkan kembali urat bawah yang meregang. Hingga saat ini, aksi para badut tetap menjadi mata acara yang ditunggu-tunggu.
Salah satu pelopor pemakaian kostum badut modern, sekaligus bintang sirkus di awal abad ke-21 m, adalah karakter jco yang diciptakan joseph jr.. Konon, kelebihan jco yang membuatnya dikenang dalam sejarah perbadutan adalah kemampuannya menghidupkan badut mati yang diperankan. Jco tak sekadar melucu, tapi juga memainkan perasaan dirnityaa, lewat mimik senang, bahkan keasyikan




Http://id.wikipedia.org

{ 0 komentar ... read them below or add one }