Pulau Bali Masih Menjadi Favorit Liburan

Diposting oleh Wikey on Feb 2, 2010




Pada liburan akhir tahun 2009 dan Tahun Baru 2010, sejumlah kota yang merupakan destinasi pariwisata menjadi sasaran wisatawan. Salah satu tempat yang menjadi favorit adalah Bali.

Sejak menjelang Natal 2009 hingga mendekati pergantian tahun 2009/2010, arus wisatawan domestik maupun asing yang masuk ke Bali terus meningkat. Okupansi hotel di Bali, khususnya Bali bagian selatan, mulai dari bintang lima hingga kelas melati, lebih dari 90 persen.

Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan asing juga berjubel di Bali. Bahkan, Ketua Bali Tourism Board Ngurah Wijaya optimistis kunjungan wisatawan asing di Bali mampu mencapai sekitar 2 juta orang.

Kalangan biro perjalanan wisata dan sejumlah Car Rental Bali juga membenarkan bahwa sejak 20 Desember 2009, wisatawan domestik mulai memenuhi Bali untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru 2010. Sebagian besar wisatawan domestik yang masuk ke Bali datang dari Jakarta.

”Hotel-hotel penuh. Ini membuktikan bahwa Bali masih menjadi primadona,” ujar Frans XR Donny Christopeel dari Aruna Bhuana Tours & Travel.

Ketua DPP Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Ben Sukma mengakui, destinasi di dalam negeri yang paling banyak dituju adalah Yogyakarta, Bandung, dan Bali. ”Tiga tahun terakhir tiga kota itu selalu penuh saat liburan,” kata Ben.

Sementara itu, Ketua Asita Jawa Timur Haryono menyebutkan, daerah tujuan liburan dalam negeri terbanyak adalah Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

Ketua Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) DKI Jakarta Herna Danuningrat menyatakan, selain Bali dan Yogyakarta, Manado dan Medan juga menjadi tujuan liburan menjelang Tahun Baru.

Sebagian warga Jakarta memilih berlibur akhir tahun di Bandung. Tempat persewaan mobil (Car Rental Bali) juga laris dipesan.

”Selain Bandung, mobil kami juga disewa untuk tujuan Pantai Anyer dan Garut,” kata pengelola Rental Deregiona di Palmerah, Ivana Enggoa. Sejumlah mobil juga dipesan untuk perjalanan menuju Bali, seperti ***ngkapkan pemilik Mobilku Rental Car, Mangasa Sofyan Pangaribuan.

Beberapa biro perjalanan juga mengakui, tiket pesawat yang terbanyak dicari adalah tujuan ke Bali.

cetak.kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }