Mengetahui Kesehatan Vagina, Kenali Sedini Mungkin

Diposting oleh malamjumat on Feb 17, 2010


PARA perempuan seringkali lebih memprioritaskan penampilan daripada merawat bagian tubuh yang paling sensitif macam kelamin. Mereka tak mengetahui bahwa organ tubuh yang satu ini mempunyai manfaat yang luar biasa.

Kelamin merupakan jaringan otot, sangat elastis, dan berupa saluran dari vestibula sampai pada uterus. Kelamin adalah tempat penetrasi pennis pada saat sanggama, dan sebagai saluran keluarnya menstruasi.


Saat berhubungan seksual, biasanya sentuhan terhadap dinding kelamin memberikan kenikmatan seksual pada perempuan. Dinding kelamin bagian depan juga lebih banyak saraf dan sangat sensitif terhadap rangsangan daripada dinding kelamin bagian belakang.


Meski manfaat dari organ kelamin ini begitu besar, namun tak sedikit dari kaum perempuan yang masih kurang perhatian memberikan perawatan eksklusif. Mereka pikir sekadar dibasuh dengan air pun kelamin sudah bersih. Tapi kenyataannya tidak begitu, masih banyak yang harus dilakukan oleh seorang perempuan untuk menjaga organ intimnya tetap sehat.


Berikut ini beberapa langkah awal yang perlu diketahui untuk melihat kesehatan kelamin, yang dikutip dari buku “Kesproholic” karya Tim Mitra Inti.


Perhatikan cairan kelamin
Cairan kelamin dimiliki oleh tiap perempuan, terutama yang telah mengalami menstruasi. Bentuk cairan ada yang kental dan ada yang cair. Bila cairan itu berwarna bening, cair dan tidak beraroma, tandanya kelamin Anda sehat. Namun bila cairan itu mengental, berwarna kuning, hijau atau pekat dan beraroma, besar kemungkinan kelamin Anda mengalami infeksi. Jangan sampai keputihan, dan untuk itu kita juga sebaiknya tau seputar obat keputihan.

Lakukan pemeriksaan rutin
Raba dan perhatikan kelamin. Bila ada benjolan pada bagian-bagian tertentu, segera periksakan diri ke dokter. Bisa saja terjadi penyumbatan pada saluran disebabkan karena infeksi. Perhatikan dengan menggunakan cermin, kelebihan berat tubuh dapat mempengaruhi warna pada kelamin, demikian juga dengan bertambahnya usia. Semakin gemuk/semakin meningkatnya usia, warna kelamin akan semakin gelap.

Perhatikan saat membersihkan
Membersihkan kelamin perlu menggunakan trik khusus agar kuman yang ada di bagian belakang dekat anus tidak pindah ke bagian depan. Akan lebih baik bila Anda membersihkan kelamin dari bagian depan ke belakang. Jangan melakukannya berulang-ulang, karena tetap saja kuman dapat pindah. Bila ingin mengulangnya, cuci tangan beberapa kali baru melakukannya sekali lagi. Demikian juga saat mengeringkannya. Lakukan dengan menggerakkan tangan dari bagian depan ke belakang dan bila ingin mengulanginya lagi, lipat kain pengeringnya agar tidak mengulang di tempat yang sama.

Lakukan seks yang cerdas
Anda perlu tahu secara detail dan mendalam siapa pasangan intim Anda. Saat Anda berhubungan seksual pun, Anda harus tahu bagaimana kondisi Anda. Sekalipun kondisi baik, bisa jadi Anda dan pasangan Anda sedang mengalami infeksi yang menular seksual. Untuk itu sebaiknya rutin memeriksakan diri dan pasangan ke dokter kesehatan organ reproduksi Anda.

Jangan obati sendiri
Bila Anda mengalami gejala-gejala infeksi pada kelamin, jangan langsung mengobati sendiri dengan membeli obat bebas di apotek. Atau kalau mengalami keputihan, jangan asal pilih obat keputihan. Anda lebih baik pergi dan periksa ke dokter agar dapat membedakan diagnosis yang tepat. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat tanpa petunjuk dokter bila tidak ingin mengalami efek samping yang justru merugikan diri sendiri.

www.resep.web.id

{ 1 komentar ... read them below or add one }

bacterial vaginosis treatment said...

benr banget tuh,
cz semakin cepat tahu semakin sehat