Membeli Laptop Bekas & Bagus

Diposting oleh malamjumat on Feb 24, 2010


Dikarenakan laptop sudah merupakan kebutuhan hampir bagi setiap kalangan. Harga laptop hingga kini masih tergolong mahal, karena itu membeli laptop bekas / second pun kerap kali menjadi pilihan. Namun hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan ketika membeli laptop bekas? Berikut hal-hal mendasar yang patut diperhatikan supaya Anda mendapatkan laptop bekas namun masih bagus dan sangat layak digunakan.

* Lihat casing laptop. Casing yang baret/tergores menunjukkan laptop tersebut kurang dirawat. Tentunya hal ini mempengaruhi bagian dalamnya. Apalagi bila sampai retak berarti laptop tersebut sudah pernah jatuh. Kadang di beberapa
toko komputer ada juga yang ‘menipu’ konsumen.


* Lihat layarnya. Apakah ada goresan yang parah, adakah pixel yang mati. Karena layar pada laptop merupakan bagian yang mahal harganya jika rusak.


* Lihat keyboardnya. Keyboard untuk mengetik juga tidak kalah pentingnya, harganya pun lumayan mahal. Karena itu perlu di cek satu persatu apakah masih berfungsi. Demikian juga dengan tombol fungsi (FN) dan tombol-tombol shortcut lainnya.


* Cek baterainya. Baterai sangat penting digunakan pada saat berpergian, karena itu Anda harus mengecek baterai laptop bekas itu. Normalnya bisa bertahan antara 45menit-60menit dengan pemakaian ketik, baca dan mendengarkan musik.


* Cek Wifi, bluetooth, webcam dan card reader. Jika ada, tidak ada salahnya mengecek fitur standar laptop ini.


* Cek garansi. Jika laptop second yang akan Anda beli masih ada garansinya, cek apakah nomor seri dan tempat pembeliannya benar.


* Cek seri laptop tersebut di dealer resminya. Hal ini dimaksudkan agar laptop bekas tersebut bukan barang BM/barang gelap.


* Pastikan bahwa laptop tersebut masih ada spare partnya. Gunanya untuk memastikan bahwa spare part laptop itu masih diproduksi. Tidak lucu kan jika layarnya tiba-tiba rusak dan di Indonesia tidak ada yang jual. Kalau Anda membeli di
toko komputer jelilah melihat kelengkapannya.


gugling.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

sewa laptop said...

macam2 lapotop yang dijual bekas dn bagus biasanya merk nya apa ?