Lapangan Futsal

Diposting oleh Wikey on Feb 24, 2010




Indoor Soccer atau lebih populer dengan sebutan Futsal Indoor, akhir - akhir ini sedang booming di negara kita.Hal ini tidak terlepas dikarenakan cabang olah raga sepak bola merupakan olah raga yang paling digemari. Ukuran lapangan futsal, standar minimal : 15 mtr (lebar) x 25 mtr (panjang), sedang sangat diminati tidak hanya di kota - kota besar tetapi sudah merambah sampai ke kotakota kecil dan disambut dengan antusias oleh para penggemarnya.

Hal ini dikarenakan makin sulitnya ditemukan fasilitas tempat bermain bola di lapangan besar, dan satu hal yang paling menarik bagi penggemar futsal indoor adalah tidak adanya kendala atau hambatan cuaca untuk menyalurkan hoby bermain bola, sebab tersedianya lapangan tertutup untuk melindungi dari sengatan matahari ataupun guyuran hujan, serta adanya penerangan listrik yang cukup untuk bermain pada sore dan malam hari. Bahkan untuk kenyamanan pemain, tersedia berbagai fasilitas penunjang seperti : kamar mandi, toilet, ruang ganti lengkap dengan lemari locker, mushola, cafeteria dengan hotspot/wifi untuk internet , tempat penonton, tempat parkir yang nyaman, serta kamera cctv sebagai alat bantu petugas keamanan.

Sebenarnya ada beberapa pilihan jenis lapangan futsal yang bisa dibangun, sesuai selera dan budget yang tersedia, diantaranya :

- Lapangan outdoor, yaitu lapangan tanpa gedung penutup dengan lantai lapangan memakai cor semen saja, dilengkapi sepasang gawang dan jaring pengaman.

- Lapangan outdoor dibuat seperti di atas, tetapi untuk lapangan permainan dipasang Rumput Sintetis ( khusus outdoor ), dilengkapi gawang dan jaring.

- Lapangan indoor, yaitu lapangan yang dibuat di dalam sebuah gedung sebagai penutup / pelindung lapangan dan pemain. Untuk lantai lapangan biasanya memakai ****ut sintetis atau karpet vinyl atau lantai kayu.

Mayoritas yang sudah ada, untuk lantai lapangan lebih cenderung diaplikasikannya ****ut sintetis, padahal menurut keterangan,lapangan untuk kompetisi resmi yang diakui institusi terkait adalah lapangan dengan lantai vinyl atau parket kayu. Tapi dikarenakan popularitas dan pertimbangan bisnis serta ternyata animo pemain lebih tertarik bermain di lapangan Rumput Sintetis.

bolamini.blogspot.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }