Fasilitas Hot Spot Dari Ford

Diposting oleh malamjumat on Feb 10, 2010


Ford Motor Company, satu-satunya produsen mobil Amerika Serikat yang tidak menerima talangan dari pemerintah, berusaha membuat produk yang dipasarkannya makin kompetitif dan menarik bagi masyarakat moderen. Salah satunya adalah, mulai tahun depan, memperkenalkan mobil yang bisa berfungsi sebagai “WiFi hot spot”.

Dengan cara ini, penumpang bisa berselancar di internet kapan dan di mana saja, termasuk ketika mobil meluncur di jalan raya. Teknologi sistem komunikasi ini merupakan pengembangan lanjutan dari sistem konektivitas Ford sebelumnya, yang juga digunakan pada mobil, yaitu SYNC.


Untuk mengakses internet, pemilik mobil tinggal mencolokkan modem pita lebar (broadband) dengan koneksi USB – juga disebut “air card“ – ke lubang colokan USB SYNC pada mobil. Selanjutnya modem akan melakukan koneksi nirkabel yang aman dan dipancarkan pada seluruh mobil.


Hasilnya, penumpang mobil bisa menggunakan perangkat dengan fasilitas Wi-Fi untuk mengakses internet di mana saja, baik telpon seluler, Black Berry atau komputer notebook atau netbook.


Tanpa Berlangganan
Ditambahkan dengan teknologi ini, pemilik Ford tidak perlu lagi berlangganan dengan penyelenggara internet dan juga membeli perangkat keras lainnya. Semuanya akan tersambung sendiri, ya... seperti tempat-tempat hiburan dan hotel yang menyediakan sarana shot spot.

“Saat mobil menuju ke rumah nenek, orang tua berbelanja, anak-anak mereka yang tetap di mobil bisa berselancar di dunia maya, misal chatting dengan teman dan meng-update profil FaceBook-nya,” kata Mark Field, Presiden Ford Amerika Serikat.


Perangkat keras yang digunakan Ford untuk SYNC WiFi hot spot ini kompatibel dengan peranti komputer dan sistem konekvitas internet yang dibuat oleh produsen elektronik saat ini. Karena itu, menurut Ford, sistem konektivitas internet mobil ini tidak memerlukan perangkat keras khusus.


Dijelaskan pula, kemampuan SYNC WiFi merupakan solusi sederhana untuk membawa internet ke mobil, dibandingkan sistem yang dijual sekarang ini. Pasalnya, sistem yang dipasang di pabrik, menyatu dengan mobil. Hasil kerjanya jauh lebih baik dibandingkan yang dipasang oleh dealer. Di samping itu, pemasangan di pabrik mobil tidak menyita ruang yang besar untuk receiver dan transmiter.


Lebih Murah
Biaya tambahan yang diperlukan, dinilai Ford tidak terlalu mahal, hanya 500 dolar Amerika Serikat untuk perangkat keras dan pemasangannya. Tak kalah menarik, pemilik mobil juga tidak perlu lagi berlangganan dengan penyelenggara internet. Anda telah bisa memiliknya di showroom tempat jual ford.

“Dengan memanfaatkan SYNC dan perangkat mobilitas yang dipasarkan sekarang, nilai tambah Ford sebagai produk semakin baik, lebih luwes dan tentu saja akan menyenangkan pemilik mobil. Pasalnya, konektivitas terjamin dan konstan. Kami menghadirkan teknologi yang makin mudah diakses tanpa biaya tambahan,” komentar Mark Field.


Sistem koneksi nirkabel Ford ini dilengkapi dengan pengaman WiFi Protected Access2 (WPA2). Pengguna harus memasukan password atau sandi secara acak agar bisa mengakses internet.


Bila SYNC menemukan ada perangkat WiFi baru, pengemudi harus membiarkannya berhubungan dan hot spot pada mobil ini. Tujuannya, mencegah pengguna internet lain melakukan "piggybacking" pada sinyal SYNC atau mendompleng hot spot mobil ini.


Hal ini tentunya menambah semaraknya mobil termasuk di tempat
jual ford dengan aneka aksesoris.


otomotif.kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }