Cerdas Pilih Botol Susu Bayi

Diposting oleh Unknown on Feb 11, 2010





Membeli Botol Susu pasti sering dilakukan para orang tua yang masih memiliki bayi. Biasanya, orang tua membeli botol susu yang yang bermerk cukup terkenal sebagai jaminan kualitas. Padahal, merk terkenal bukan jaminan botol susu tersebut aman bagi si kecil.

Anda harus tahu bahwa sebagian besar botol susu terbuat dari polikarbonat, yaitu plastik kaku yang memiliki potensi melarutkan bisphenol A dalam susu si kecil. Bisphenol A (BPA) telah lama diketahui sebagai penyebab beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan hormon dan obesitas.
National Toxicology Program (sebuah badan dalam Departemen Kesehatan Amerika Serikat yang mengurusi penggunaan bahan kimia pada barang kebutuhan sehari-hari) mengungkapkan ada beberapa permasalahan saraf yang berhubungan dengan perilaku anak, akibat paparan BPA.

Hal itu bisa dihindari dengan memilih
Botol Susu dari bahan plastik yang aman atau botol kaca. Tetapi botol kaca juga memiliki kelemahan karena mudah pecah dan retak. Jika pecah akan sangat berbahaya bagi si kecil. Botol kaca juga mudah pecah atau retak ketika di sterilisasi, dan bisa saja pecahan kaca masuk ke dalam makanan bayi.

Botol plastik yang aman untuk si kecil adalah botol yang berlambang #2 HDPE, #4 LDPE and #5 PP. Plastik tersebut dibuat dari polypropylene atau polyethylene yang diketahui tidak melarutkan zat karsinogen, penyebab masalah kesehatan. Untuk mengetahuinya Anda tinggal melihat lambang #2, #4 dan #5 yang berada dibagian bawah botol.

Agar botol yang digunakan si kecil aman, selalu sterilkan botol menggunakan air mendidih atau peralatan steril eletronik.
Jika Anda menggunakan alat steril botol elektronik, bersihkanlah secara teratur. Periksa juga dot bayi, jika robek segera ganti karena bisa saja robekannya terlepas dan tertelan.





http://kosmo.vivanews.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }