Cara Membeli Alat Berat

Diposting oleh Unknown on Feb 9, 2010




Seperti kendaraan commercial, harga alat berat (truck, forklift, excavator, dll) bervariasi sesuai dengan merk dan kualitas atau mutu serta kemampuan beroperasi
spare part alat berat tersebut. Untuk merk terkenal harga biasanya lebih mahal karena disesuaikan dengan tehnologi yang menyertainya, biasanya lebih ramah lingkungan dan daya tahan atau kualitasnya lebih lama. Harga juga bisa dipengaruhi oleh letak geography serta spesifikasi akan kebutuhan alat berat tersebut.

Alat berat baru / bekas
Membeli alat berat bekas dapat menyimpan lebih banyak lagi uang kita daripada membeli yang baru tetapi biarpun begitu alat berat bekas kemungkinan masih memerlukan biaya pengeluaran / perbaikan yang jika tidak teliti bisa menghabiskan waktu dan biaya yang signifikan bahkan bisa menyamai selisih harga jika kita membeli alat berat yang baru, tetapi saat ini banyak orang yang mensiasati dengan membeli alat berat baru dengan harga murah, yaitu alat berat dari china.
Harga alat berat bekas bisa lebih murah 50% dari pada yang baru tetapi jika penggunaan alat berat tersebut tidak dimonitor maka biaya untuk perbaikan akan cepat membengkak dan jelas ini tidak menguntungkan. Karena itu bagi user yang berniat membeli alat berat bekas kurang lebih harus mengetahui secara tehnik mengenai pemeliharaan dan perawatan alat berat tersebut.

Kredit / leasing
Karena tingginya harga spare part alat berat, hampir semua konsumen membeli dengan cara leasing atau kredit. Banyak perusahaan membeli alat berat ke dealer-dealer yang biasanya menyediakan sarana finance atau leasing. Dan dealer tersebut mengatur kesepakatan dengan pihak bank atau perusahaan leasing. Umumnya perusahaan yang ingin membeli secara kredit pasti akan membandingkan bunga atau term yang didapatnya dengan perusahaan leasing atau bank lainnya.

Rental / sewa
Alternatif lain adalah sewa jangka panjang. Biasanya lamanya rental adalah12 bulan, sewa jangka panjang berbeda dengan leasing dan didasarkan atas biaya perbulan dan dapat berubah sesuai harga minimum. Dengan biaya rendah rata-rata perbulannya dari sewa jangka pendek, sewa jangka panjang akan lebih ekonomis untuk temporary project atau contractors.
Keuntungan yang didapat melalui program rental :
- user tidak perlu menyediakan tenaga kerja untuk perawatan (free maintenance department)
- user tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan dan perbaikan (free maintenance cost)- user dapat menghitung anggaran belanjanya untuk penggunaan alat berat tersebut (budget control)



Http://www.infoalatberat.blogspot.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }