Tips Membersihkan Audio Mobil

Diposting oleh Wikey on Jan 19, 2010




Sedikit menjengkelkan, suara merdu yang keluar dari audio mobil tidak jernih. Kuping seperti dikelitik. Bisa jadi, salah satu penyebabnya lantaran perangkat musik itu kotor. Padahal, merawat tidak sulit-sulit amat dan tak harus sampai membongkar segala. Juga tidak dituntut keahlian khusus.

Kebetulan Venom Community (pemakai audio dari porduk Venom) memberi tips simpel membersihkan komponen audio mobil, seperti di antaranya speaker, tweeter, subwoofer dan power. Modalnya, nggak lebih dari Rp 15.000 hanya dengan pengorek kuping yang dikasih kapas (cutton bud). Sedang untuk layar LCD mengggunakan kain lap khusus kaca mata.

Inilah cara-caranya

1. Pada speaker. Dengan cutton bud sentuhkan ke permukaan konus secara perlahan agar kotoran bisa menempel. Jika alat penggosok itu sudah kotor ganti dan gosok kembali untuk memastikan sudah bersih (ujung cutton bud tidak kotor).

2. Bersihkan bagian pinggir speaker dengan menyentuh sampai sela-sela surround. Lakukan dengan lembut sampai bersih.

3. Dari speaker ke tweeter, denngan cutton bud angkat kotoran di konus. Perlahan-lahan, terliti sampai kotoran sudah tak ada (kondisi kapas di cutton bud putih).

4. Langkah serupa juga dilakukan pada subwoofer, terutama bagian konus.

5. Selesai pada pengeluar suara, kini beralih ke power. Cermati setiap celah-celah atau rongga dari kotoran.

6. Khusus untuk layar monitor gunakan kain lap khusus kaca mata yang berserat halus. Dengan serat halus masalah baret dapat dihindari.

Beres, deh

kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }