Sate Ayam Dan Jenisnya

Diposting oleh Unknown on Jan 18, 2010




Keberagaman cara pengolahan dan penyajian, membuat daging ayam menjadi salah satu menu terfavorit sepanjang masa. Hampir semua daerah di indonesia memiliki menu tradisional berbahan dasar daging ayam.

Seperti ayam betutu dari pulau dewata misalnya. Saking terkenalnya menu bernama ayam betutu ini, sehingga bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di indonesia. Tidak hanya bali yang terkenal dengan menu berbahan dasar ayam, blora, jawa tengah, juga terkenal dengan sate enak atau sate ayam enaknya yang bernama sate ayam blora.

Sate ayam ini sama terkenalnya dengan sate ayam dari madura, yang biasanya dibuat dengan campuran saus kecap ataupun saus kacang yang nikmat untuk bumbu sate. Makassar di sulawesi selatan yang biasa terkenal dengan bumbu ricanya, juga memiliki masakan tradisional berbahan dasar daging ayam. Menu ayam tersebut dinamakan dengan ayam rica atau sate.

Berangkat dari cita rasa tradisional itulah, kemudian di indonesia lahir berbagai macam menu berbahan dasar ayam yang banyak diminati berbagai lapisan masyarakat. "daging ayam selain sudah sangat familier bagi lidah orang indonesia, proses pembuatannya yang mudah, membuat daging ayam tetap menjadi menu favorit," kata sous chef pasar rempah restoran, edis nizan.

Di antara menu berbahan dasar daging ayam, yang banyak diminati oleh masyarakat antara lain ayam bakar, ayam goreng kuning, ayam goreng mentega, sate enak, sate ayam enak dan ayam bumbu bali. Sedangkan untuk menu bernuansa eropa terkenal dengan bbq chicken wing. "untuk daging ayam yang paling baik untuk dikonsumsi adalah ayam muda yang masih berusia tiga atau empat bulan. Dagingnya masih empuk dan bumbu yang dipakai mudah meresap hingga ke bagian dalam," aku edis.

Untuk mendapatkan daging ayam yang baik, chef berkelas internasional ini menyarankan agar memilih daging yang tidak mengalami perubahan warna. Daging ayam yang normal biasanya berwarna putih kekuningan. "daging ayam yang berwarna agak kemerahan umumnya disebabkan ayam sudah mati sebelum dipotong. Sedangkan daging ayam yang berwarna kuning menunjukkan kurang sempurnanya pemanasan saat membersihkan bulu, sehingga kulit arinya tidak terkelupas," terangnya lagi.


lifestyle.okezone.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }