Panduan Membuat Kolam Renang

Diposting oleh malamjumat on Jan 12, 2010


Bagi kita yang hobbi berenang, mempunyai kolam renang sendiri di rumah menjadi solusi yang baik. Memang impian mempunyai kolam renang sendiri sangat didambakan setiap orang. Kebanyakan kalau kita berkunjung ke rumah yang mempunyai kolam renang sendiri, pasti muncul perkataan seperti ini, “Wah rumahnya keren punya kolam renang sendiri.

“Lha terus kalau lahan kita terlalu sempit bagaimana Mas?”. Itulah permasalahan yang sering kita dijumpai. Kolam renang memang membutuhkan ruang atau area yang luas demi kenyamanan dan keamanan penggunanya. Lain seperti membuat kolam ikan, kolam tanaman air, dan juga elemen air lainnya yang bisa kita letakkan di taman kita. Langsung saja kita simak beberapa tips membuat kolam renang:


Teras atau Pool Deck

Banyak solusi membuat teras atau pool deck. Misalnya teras dengan dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang ditata dengan rapi, atau teras yang menyatu dengan bangunan rumah. Pemilihan batu alam seperti batu palimanan juga bisa sobat terapkan. Yang perlu diperhatikan adalah teras yang kita buat harus anti selip atau tidak licin. Tentu keselamatan dan kenyamanan menjadi faktor utama dalam membuat kolam renang ini.


Vegetasi

Berikan sentuhan alami dengan pemberian beberapa vegetasi seperti pohon kelapa (Cocos nucifera), Kamboja (Plumeria rubra, obtusa, atau acutifolia), dadap merah (Erythrina crista galli), atau Pisang kipas bisa menjadi pilihan yang baik untuk mendampingi sebuah kolam renang.

Ketinggian permukaan lantai

Kemudian usahakan level atau ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari teras atau pool deck. Kenapa? Jawabannya adalah demi kenyamanan pengguna kolam tersebut (silahkan melihat gambar pada poin selanjutnya). Kecuali jika sobat membuat anak tangga menuju ke kolam renang.

Edging atau pinggiran kolam

Gunakan pinggiran kolam renang yang tidak lancip. Pinggiran atau edging yang baik sebaiknya membulat pada sudutnya. Tujuannya untuk keamanan di dalam kolam renang. Buatlah bentuk kolam yang elegan. Ini dimaksudkan agar kolam renang tersebut lebih mudah dalam segi pembersihan atau perawatannya. Tapi jika sobat suka dengan bentuk persegi atau persegi panjang sangat memungkinkan juga kok.

Kedalaman air

Kedalaman untuk kolam renang dewasa yang saya rekomendasikan antara 1,4 meter hingga 2 meter. Atau bisa menggabungkan keduanya dengan membuat ramp sebagai pemisah kedalamannya. Sedangkan untuk kolam renang anak, kedalaman tidak lebih dari 0,5 meter.

Anak Tangga

Bila memiliki steps atau tangga di dalam kolam renang, usahakan ketinggian anak tangga tidak lebih dari 18,5 cm. Ini adalah ketinggian yang nyaman dan direkomendasikan dalam desain rumah, bangunan maupun di dalam desain taman.

Lantai

Berikan permukaan lantai yang tidak licin. Batu alam dengan permukaan kasar juga menjadi pilihan yang baik. Saya rekomendasikan menggunakan batu sukabumi atau green stone, karena memiliki tekstur dan warna hijau yang cerah ketika berada di dalam air. Lantai keramik dengan mozaiknya juga bisa diterapkan, bila sobat suka dengan desain mozaik. Selain itu hindari bentuk yang terlalu meruncing. Tujuannya agar perawatan kolam ini tidak terlalu sulit.

Air dan sirkulasi

stacked slate stone 150x150 8 Tips Membuat Kolam RenangAir kolam dengan sistem sirkulasi yang baik mendukung kenyamanan pada kolam renang. Pemberian overflow atau tumpahan air di pinggir kolam, dapat menambah suasana nyaman di area tersebut. Sobat bisa menggunakan batu candi sebagai pinggiran dari overflow tersebut. Seperti yang sudah saya tampilkan pada gambar disamping. Pada gambar tesebut dinding dari overflow menggunakan batu tumpuk yang berguna untuk mengeluarkan bunyi gemericik air yang mengalir.

www.desainlansekap.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }