Memilih Bahan Bangunan Kuno

Diposting oleh Unknown on Jan 25, 2010




Pemilihan bahan bangunan untuk bangunan memang perlu diperhatikan, terutama yang berhubungan dengan kesehatan penghuninya termasuk anda sendiri. Untuk itu diperlukan tips bagaimana cara memilih material (bahan) bangunan yang setidaknya tidak berbahaya bagi kesehatan.
Tapi tahukah anda, anak kecil ternyata lebih peka 30 kali terhadap pencemaran bahan-bahan material berbahaya dalam rumah?
Ok mari kita simak sedikit penjelasan berikut,
Secara tidak sadar, bahan bangunan, apalagi yang baru sering mengandung bahan berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit, terutama bahan bangunan hasil industri, seperti kayu olahan, particle board, cat tembok, pipa plastik, dan sebagainya. Bahan bangunan ini dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, gangguan pernafasan, penyakit kulit dan sebagainya. Tentunya korban paling dirugikan adalah penghuni rumah karena setiap hari harus berkontak dengan bahan-bahan berbahaya ini, terutama anak kecil.
Berikut beberapa material/bahan bangunan yang berbahaya beserta penyakit yang ditimbulkan ;
Bahan : kayu dimana sumber bahayanya adalah penggunaan politur, melamin (urea formal-dehyde)Penyakit yang ditimbulkan : alergi kulit, mata, gangguan selaput lendir
Bahan bangunan : pipa pvc, lem pvc, cat pvc, lantai vilil, karpet plastik (yang dibuat dari pvc), lem kontak.Penyakit yang ditimbulkan : kanker, pembakaran menguapkan asam klorida (mematikan tanaman), penyakit hati, ginjal
Bahan bangunan : cat sintetis (cat besi/kayu), thinner, cat epoksi yang mengandung etylalkohol, epoksi mesin.Penyakit yang ditimbulkan : penyakit syaraf, darah, pernafasan, mata buta, gangguan keseimbangan, selaput lendir, eksim pada kulit.
Bahan bangunan : asbes (plafon dan atap)
Penyakit yang ditimbulkan : asbestose (penyakit paru), kanker

Bahan bangunan : gas radon (merupakan penguapan dari tanah)
Penyakit yang ditimbulkan : mutagen dan karsinogenik (penyebab kanker)



{ 0 komentar ... read them below or add one }