Hemat Penggunaan AC dengan Merawatnya

Diposting oleh malamjumat on Jan 21, 2010


Perawatan rutin yang dilakukan pada AC disamping memperpanjang fungsi komponen AC menjadi lebih lama, udara segar yang berhembus akan selalu tersedia bila dibutuhkan. Sehingga biaya service AC rutin dan suku cadang AC yang melonjak dapat disiasati oleh pemilik mobil dengan melakukan perawatan ringan. Dengan perawatan yang rutin dan benar, perawatan AC bisa dilakukan setiap setahun sekali daripada service AC ke bengkel. Caranya seperti berikut ini:

1. Bersihkan kondensor AC secara berkala setiap 2 minggu sekali sampai dengan sebulan sekali. Jangan dibiarkan berdebu, karena bisa menyebabkan alat ini tidak bisa melepas panas dengan baik. Disamping itu, suhu kondensor yang terlalu panas akan menyebabkan jebol.


2. Untuk membersihkan kondensor AC cukup siapkan slang air dan sikat kecil. Buka lebih dulu gril untuk memudahkan slang masuk ke celah antara kondensor AC dan radiator. Lalu semprot air dari sisi dalam kondensor sambil disikat agar kotoran yang lengket bisa langsung menyembur keluar.


3. Periksa kondisi sambungan pipa AC, bila pada sambungan itu menunjukkan tanda basah oleh oli, pasti telah terjadi kebocoran. Bila terjadi kebocoran segera bawa ke bengkel AC terdekat agar tidak bertambah parah.


4. Bersihkan blower.Untuk menjaga kebersihan blower dan saluran AC agar bertahan lebih lama, perhatikan juga kondisi tombol pilihan aliran udara. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan tomboy fresh yang memanfaatkan udara dari luar. Karena hal itu akan menjadikan blower gampang kotor, sehingga udara dalam kabin menjadi ikut kotor.


5. Perhatikan juga tabung receiver (botol) secara teratur dengan cara amati mesin dan AC pada batas pendingin maksimum. Cermati gejala yang tampak pada kaca pengintai receiver. Kekurangan dan kelebihan refrigerant/freon bisa diketahui lewat kaca pengintai pada tabung receiver. Jika kelebihan maka pada kaca pengintip langsung terlihat terang begitu AC dimatikan.


6. Perhatikan kaca pengintai juga untuk mengecek apakah kerja AC normal dan benar, tandanya bila AC dimatikan pada kaca pengintai akan menampakkan refrigerant berbusa sebentar sebelum berubah terang.


www.oto.co.id

{ 0 komentar ... read them below or add one }