Dasar Bisnis Studio Foto Mini

Diposting oleh Wike Furyandi on Jan 14, 2010





Bagi yang memiliki hobi fotografi dan kebetulan memiliki kamera digital yang memiliki resolusi 8 mega pixel, sebenarnya dapat mencoba untuk usaha studio foto mini. Usaha ini bisa dijalankan dari rumah, dengan mengorbankan salah satu bagian darinya menjadi semacam studio mini foto.

Dalam membuka studio foto kecil-kecilan, memang paling tidak harus memiliki komputer, kamera digital, printer foto, serta peralatan studio.

Peralatan studio foto murah asal Cina membanjiri pasar. Dengan demikian, dengan modal yang kecil, kita sudah bisa membuka studio mini. Untuk peralatan-peralatan studio, yang diperlukan saat ini banyak toko atau studio-studio besar menawarkan paket-paket perlengkapan studio foto. Peralatan studio seperti lampu flash, reflektor untuk membuat sinar lebih terarah, soft box, atau payung untuk membuat sinar flash kelihatan lebih lembut, tiang lampu, dan filter banyak ditawarkan di pasaran.

Jika kita hanya membuka studio kelas rumahan, tak perlu mengambil paket yang mahal. Menggunakan peralatan buatan Cina bisa menjadi alternatif yang bagus, karena harganya jauh lebih murah. Paket studio buatan Cina semacam itu, dijajakan dengan harga mulai dua juta rupiah.

Memang, peralatan yang harganya murah lebih ringkih, tetapi selama perawatan baik, kualitas foto yang dihasilkan dengan dukungan perlengkapan bikinan Cina itu, tak kalah dibandingkan dengan yang didukung peralatan asal Eropa. Apabila terjadi kekurangan-kekurangan, bisa diperbaiki melalui program pengolah foto di komputer.

Bila kita ingin menawarkan jasa-jasa yang lebih canggih, misalnya foto salon atau kamera tersembunyi, di mana orang yang difoto bisa bergaya sendiri dan memfoto sendiri, tentu saja kita harus menyediakan peralatan studio yang lebih andal. Harganya dimulai dari Rp 15 juta.

/newspaper.pikiran-rakyat.com

{ 0 komentar... read them below or add one }