Aplikasi Mesin Pengering Bantu Industri Kecil

Diposting oleh Wikey on Jan 11, 2010




Meski tergolong desain dan rancang bangun teknologi sederhana, sistem pengering sangat membantu petani dan industri kecil di daerah dalam meningkatkan kualitas produk pascapanen dan pendapatan mereka. Sistem mesin pengering ini juga telah disebarluaskan di 200 Desa Mandiri Energi, yang menggunakan berbagai energi terbarukan dalam sistem terpadu.

Petani dan nelayan di Indonesia selama ini telah ***ntungkan dengan adanya kelimpahan matahari untuk menjemur hasil panen mereka. Namun, pada musim hujan, proses pengeringan itu terganggu. Selain itu, pengeringan di udara terbuka menyebabkan hasil pengeringan tidak higienis.

Mengatasi masalah itu, pakar energi terbarukan, Kamaruddin Abdullah, guru besar emeritus dari Institut Pertanian Bogor, merancang beberapa mesin pengering tertutup.

Dengan dana bantuan Jepang, Kamaruddin pertama kali pada tahun 1999 mendesain sistem pengering dan pengolah kopi. Alat tersebut telah digunakan oleh petani dan pengusaha kopi di Sumbawa, Bali, Jember, dan Malang. Sejak tahun 2007, Kamaruddin yang kini Rektor Universitas Darma Persada mengembangkan lebih lanjut berbagai tipe pengering. Prototipe tipe mesin pengering ini dipamerkan dalam Indonesia-Jepang Expo 2008 di Kemayoran, Jakarta.

Pada 2004, rancangan lainnya yang telah dipatenkan adalah alat pengering tipe kerucut, digunakan di Cimahi dan Boyolali untuk mengeringkan pisang dan herbal atau bahan baku jamu.

Tahun lalu dilakukan modifikasi pengering Energi Rumah Kaca (ERK) tipe lorong dari Jerman dengan menambah saluran pemanas. Sebanyak 17 unit tipe lorong ini telah digunakan di Desa Energi di Pulau Nusa Penida, Bali, untuk pengeringan ****ut laut dan ikan.

Alat pengering ERK tipe bungker yang telah dipatenkan juga ***ji coba tahun lalu. Sistem pengeringan ini mencapai efisiensi pengeringan 7 kiloJoule per jam. Dibandingkan dengan cara penjemuran konvensional, waktu pengeringan untuk gabah, misalnya, bisa mempersingkat waktu hingga dua hari.

Selain itu, diciptakan pula mesin pengering tipe ventury dan tipe flatbed, masing-masing digunakan di Cilacap dan Palembang. Berbagai tipe pengering ini digunakan pula di Desa Mandiri Energi yang jumlahnya akan menjadi 235 desa pada akhir tahun ini.

cetak.kompas.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Energi dari Alam Energi dari Gelombang Radio Komunikasi said...

WIKA PEMANAS AIR / WIKA WATER HEATER / HARGA WIKA SWH produk wika swh, wika solar water heater, wika pemanas air, wika awh, wika aircon water heater, dengan harga sangat kompetitif, ferdy 085649842128