Rencana Keuangan Bengkel Motor dengan Modal Kecil

Diposting oleh malamjumat on Dec 22, 2009


Jika modal tidak terlalu besar, tidak masalah membuka bengkel motor. Untuk kontrakan, coba cari lokasi yang agak-agak masuk kedalam, tapi tidak jauh dari jalan raya agar masih tetap terlihat. Biasanya harga kontraknya akan lebih murah. Lalu uang setengahnya lagi, anda gunakan untuk membeli perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan bengkel anda. Pertama kali buka usaha, mungkin anda lakukan saja dulu sendiri semuanya, atau anda cari saudara anda untuk membantu bekerja di bengkel, tentu dengan upah yang lebih murah dari gaji dua orang karyawan tadi.

Apabila sudah berjalan selama satu bulan, dan sudah ada tanda-tanda kemajuan atau anda mulai kewalahan menangani sendiri, anda baru cari orang lain yang mengerti motor tentunya untuk membantu anda dengan upah yang dapat dinegoisasikan antara anda dan orang tersebut. Sistem penggajiannya mungkin bisa perhari per motor yang diservis atau anda bisa berikan tiap minggunya atau tiap bulannya bila perlu. keuntungan dapat anda peroleh dari selisih harga spare part yang anda beli dari agen supplier. Biasanya per jenis barang anda akan memperoleh untuk sekitar 10-15% nya.

Untuk mengembangkan usaha bengkel motor anda, yang terpenting adalah jaga kualitas pelayanan dan puaskan pelanggan dengan hasil yang maksimal. Kalau memang nantinya memungkinkan setelah maju, anda bisa menyiapkan minuman gratis dan kue alakadarnya sambil mereka menunggu motor mereka diservis. Kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan serta hasil yang optimal bagi kendaraan mereka adalah nomor satu. Selamat berusaha.

www.perencanakeuangan.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

.Arif Harynurdi, ST said...

ikut komen di uang dan waktu lihat di http://rencanakeluarga.blogspot.com/