Pengusaha Badut Pergi Ke Ruang Angkasa

Diposting oleh Wikey on Dec 3, 2009




Jika berkunjung ke kota Mexico City, Meksiko, hari-hari ini jangan heran jika bertemu dengan banyak badut (Sewa Badut) di sana. Malah jika mengunjungi Monumen Revolusi Rabu (21 Oktober 2009) lalu akan bertemu ratusan badut di sana dan dalam lima menit penunjung semua diminta tertawa. Itulah upaya membuat rekor Five Minute Laughing Record dalam rangka Konvensi Badut Dunia yang ke-14.

Konvensi itu tak cuma berhaha-hihi. Dan meskipun peserta konvensi semuanya badut, yang dibahas bisnis yang serius. Para seniman dan pengusaha sewa badut dari Amerika Latin dan Utara berkumpul di acara itu.

Badut memang bukan bisnis kecil. Tengok misalnya kiprah Guy Laliberté. Pengusaha Kanada berdarah Perancis ini merupakan pengusaha sewa badut hiburan yang sukses. Ia juga seniman Kanada ternama. Dulu sebelum jadi pebisnis ia pernah bekerja di perusahaan listrik Kanada pada tahun 1979. Di sana ia cuma tiga hari bekerja karena ada pemogokan kerja. Alih-alih mencari pekerjaan lain Guy malah bergabung dengan sirkus jalanan. Lalu terlibat dalam kegiatan pasar seni pada tahun-tahun berikutnya meskipun tak menguntungkan.

Tahun 1984 untuk merayakan 450 tahun Kanada ia mendapat proyek dari pemerintah negaranya untuk ambil bagian dalam perayaan akbar tersebut. Tahun itulah bisnis sirkusnya bernama Cirque du Soleil dimulai. Ia menandatangani kontrak senilai 1,2 juta dolar (Kanada). Sejak itulah bisnis sirkusnya dan sewa badut mekar yang mengantarkan Guy menjadi seorang billionaire saat ini.

Sekarang ia mempekerjakan hampir 4.000 orang dan lebih dari seribu orang merupakan para artis yang di antaranya adalah para badut. Peran badut (sewa badut) terhadap karir Guy terlihat juga ketika ia dinobatkan sebagai Entrepreneur of The Year dunia pada tahun 2007 di Monte Carlo, Monaco. Sebuah media menulis judul laporannya dengan jenaka: Badut Memenangkan Entrepreneur of The Year Dunia.

Guy Laliberté selalu fenomenal. Dengan kekayaannya ia bisa melakukan apa saja, termasuk tamasya ke luar angkasa bersama pesawat ulang-alik Rusia Juni 2009 lalu. Dasar badut di luar angkasa pun ia menunjukkan kebadutannya dengan memasang hidung badut dan mempertunjukkannya ke penduduk bumi.

majalahduit.co.id

{ 0 komentar ... read them below or add one }